Tuesday, March 24, 2015

Wisata ke Monumen Patung Garuda Wisnu Kencana, Bali



Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan hasil karya dari pematung terkenal di Bali, yaitu I Nyoman Nuarta. Monumen ini kemudian dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata di Bali.

Patung ini adalah perwujudan kisah nyata dari Dewa Wisnu yakni dewa Pemelihara (Sthiti) dalam agama Hindu, yang mengendarai burung Garuda. Kisah Garuda dan kekaisaran yang berkisar pada tindakan pengabdian dan pengorbanan dari Burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang visibilitas sampai 20 km, sehingga patung GWK dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana itu sendiri, merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan 60 meter. Jika pembangunan selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Tapi sampai sekarang pembuatan patung ini, terutama patung Garuda masih belum dilaksanakan karena terhambat masalah biaya. Sejak dibangun pada tahun 1997, sampai sekarang baru sekitar 15 persen dari patung Dewa Wisnu dan Kepala Garuda yang suda terealisasikan.

Meskipun pembangunan patung ini agak tersendat, di daerah kompleks, sudah ada pusat pameran, restoran, kolam teratai, diorama, Villa Giri Kencana, amphitheatre, dan kios-kios. Selain itu sebuah arena konser dibangun di tengah tebing, tebing batu kapur yang menjulang tinggi.



Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang visibilitas sampai 20 km, sehingga patung GWK dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.

Lokasi patung Garuda Wisnu Kencana terletak di perbukitan kapur dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, maka akan menjadi landmark menyambut siapa pun saat menginjak kakinya di pulau Bali.

Jalan menuju kawasan Wisnu Kencana adalah jalan yang sama dengan jalan ke daerah Uluwatu. Dalam rute wisata di Bali, Garuda Wisnu Kencana adalah satu tempat yang dikunjungi sebelum wisata ke pantai Dreamland dan Uluwatu.

Tidak ada transportasi untuk mengakses objek wisata ini, sehingga Anda dapat menyewa taksi, atau jika Anda ingin lebih murah Anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor.

No comments:

Post a Comment