Tuesday, October 8, 2013

Tips Liburan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tips Liburan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tips Liburan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango â€" Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) salah satu taman nasional yang dimiliki Indonesia. Memiliki luas sekitar 22 hektar berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Fungsi dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah sebagai kawasan konservasi untuk tempat perlindungan flora dan fauna endemik seperti lutung hitam, rasa mala dan puspa dilindungi populasi dan habitatnya yang terdapat di Jawa Barat. Selain ketiga nama tersebut, taman nasional ini juga dikenal sebagai Pusat Perlindungan Owa dan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari.

Info dari wiki tempat liburan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini juga sebagai daerah resapan hujan untuk melindungi Bogor dan Jakarta dari bencana banjir. Selain Taman Nasional Gunung Gede Pangrango masih ada beberapa taman nasional diantara Halimun Salak, atau Bantimurung Bulusaraung yang sering dikunjungi wisatawan untuk liburan.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 636x366 Tips Liburan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Meskipun taman nasional adalah salah satu tempat yang digunakan untuk konservasi. Namun masih ada beberapa bagian yang bisa dikunjungi wisatawan, khususnya bagi pecinta pecinta alam. Misalnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang saat ini menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan.
Sebelum Anda memutuskan untuk liburan ke Taman Nasional, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum pergi ke sana. Berikut ini tips liburan hemat ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Baca juga pesona tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger.

1. Bawalah Surat Izin
Tips liburan ke taman nasional yang pertama adalah lengkapilah berkas perizinan Anda. Ada beberapa bagian di taman nasional yang mewajibkan pengunjung membuat surat izin masuk kawasan konservasi sebelum Anda memasukinya. Surat izin ini tidak berlaku jika taman nasional tersebut memang sengaja dibuka untuk umum.

Jika kita berkunjung ke taman nasional seperti itu, kita cukup dengan membayar tiket masuk taman nasional nya saja. Namun jika kita diharuskan membuat sura izin, sebaiknya cari tahu berkas apa saja yang perlu dipersiapkan agar perizinan liburan ke taman nasional menjadi lancar.

2. Jagalah Kebersihan
Karena kita berada di kawasan konservasri, tips liburan ke taman nasional selanjutnya adalah jangan membuang sampah sembarangan. Kita harus bisa menjaga kebersigan taman nasional tersebu, apapun itu alasannya. Jika jarak tempat sampah menjadi alasan, bawalah kantung plastik sebagai tempat membuang sampah sementara jika kita tidak menemukan tempat sampah terdekat.

3. Jangan Sembarangan Mendirikan Tenda
Liburan ke taman nasional memang lebih asik jika kita bisa mendirikan tenda untuk berteduh ataupun sebagai sarana untuk ngerumpi. Tips liburan ke taman nasional ketiga adalah kita harus memperhatikan tempat jika ingin mendirikan tenda. Sebaiknya dirikanlah tenda di tempat yang telah ditentukan pengurus taman nasional.
Jangan sekali-kali mendirikan tenda di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di tempat sembarangan, ini berkaitan dengan keselamatan. Tentu saja kita tak mau tiba-tiba ada hewan liar datang ke kemah karena sembarangan mendirikan tenda, bukan?

4. Pergunakan Trek Jalan Yang Ditentukan
Bagi pengunjung taman nasional yang ingin melakukan trekking di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pastikan untuk memahami jalur/trek yang boleh dan harus dilalui. Gunakanlah trek yang telah disediakan taman nasional untuk menikmati perjalanan. Jangan sekali-kali membuka jalur baru karena bisa membuat Anda terancam keselematannya dan tersesat.

5. Jagalah Kelestarian Alam
Selain harus tetap menjaga kebersihan, tips liburan ke taman nasional yang tak kalah pentingnya adalah kita harus selalu menjaga kelestarian alam. Jangan seenaknya mencabut rumput atau tanaman. Jangan pula menganggu hewan yang ada di taman nasional. Biarkan mereka hidup dengan tenang, jangan usik mereka.
Demikianlah tips liburan ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini. Sebagai tambahan tips wisata ke taman nasional, jangan malu-malu untuk meminta bantuan ke Ranger atau polisi hutan biasa disediakan pengurus taman nasional. Mereka dapat membantu petunjuk jalan dan juga memberikan informasi taman nasional yang Anda kunjungi. Kunjungi terus tipsjalan.com untuk mendapatkan tips liburan hemat selanjutnya.

No comments:

Post a Comment