Monday, February 2, 2015

Ciri dan Pemanfaatan tumbuhan kunyit

Kunyit  dengan nama latin curcumae domesticae rhizo atau dikenal dalam bahasa daerah koneng,kuneh,kunir,unyir,kung dan lain sebagainya, merupakan tumbuhan rempah - remaphan yang banyak khasiatnya. kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak memiliki manfaat antara lain sebagai bumbu masak, pewarna makanan - minuman alami, obat - obatan alami, maupun sebagai campuran bahan kosmetik.





 Tanaman kunyit ini berdaun hijau, dan tumbuh dengan ketinggian antara 0,75 meter hingga 1,5 meter. mempunyai batang basah, daunya berbentuk lonjong , bunga yang dihasilkannya majemuk dengan warna merah atau merah muda. kunyit merupakan tanaman obat asli dari Asia Tenggara dan telah dikembangkan secara luas di asia Selatan, Filipina,Taiwan, maupun Cina Selatan dan Indonesia.

Tanaman ini meiliki batang semu yang dililit oleh pelepah - pelepah daun sehingga menambah banyaknya permukaan daun dalam tanaman ini. Daun tanaman runcing dan licin dengan panjang sekitar 30 cm, lebar 8 cm. batang bunga muncul dari batang semu, dengan warna bunga putih atau putih bergaris hijau terkadang ujung bunga berwarna merah jambu.

Bagian utama dari tanaman ini adalah rimpangnya yang berbeda di dalam tanah, dengan warna rimpang tua atau jingga terang. Rimpang tanaman ini biasanya tumbuh menjalar dan rimpang induk biasanya berbentuk ellips.

tanaman ini dapat tubuh dengan baik di dataran rendah sampai ketiggian 2000 meter dari permukaan laut.Senyawa kimia utama yang terkandung di dalam rimpang kunyit adalah miyak atsiri dan kurkuminoid. Minyak atsiri mengandung senyawa seskuiterpen alkohol,turmeron, dan zingiberen. Sedangkan kurkuminoid mengandung senyawa kurkumin dan turunannya(berwarna kuning) yang meliputi desmetoksi-kukomin dan bidesmetoksikurkumin, selain itu rimpang juga mengandung senyawa gom, zat pahit, vitami c, lemak, protein,kalsium,fosfor dan besi.

Adapun khasiat rimpang kunyit secara umum adalah sebagai anti bakteri, fungisida,stimulan,kholagog,stomakik,antispasmodik, anti inflamasi dan kholoretik, secara khusus, rimpang kunyit sangat bermanfaat sebagai antikoagulan, menurunkan tekanan darah, obat cacing,obat asma,penambah darah, obat sakit perut. diare, usus buntu, dan rematik. selain berkhasiat dalam pengobatan, rimpang kunyit juga banyak digunakan untuk bahan pewarna alami untuk makanan atau obat dan bahan campuran kosmetika.

No comments:

Post a Comment