Friday, March 27, 2015

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Dalam faktanya kebutuhan setiap individu atau kelompok masyarakat beragam. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
1.         Keadaan Alam atau Lingkungan
             Kebutuhan akan pakaian bagi individu atau masyarakat yang tinggal di daerah kutub tentu berbeda dengan individu yang tinggal di daerah tropis. Begitu juga bagi orang yang tinggal di daerah pegunungan akan berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pantai. Fakta inilah yang menunjukkan keadaan alam atau lingkungan berpengaruh terhadap pembentukan kebutuhan orang yang menempatinya.
2.         Pendidikan
             Kebutuhan individu yang menempuh pendidikan di perguruan  tinggi dengan individu yang menempuh pendidikan di jenjang sekolah menengah atas akan berbeda. Oleh karena itu, tingkat pendidikan individu atau masyarakat akan menentukan kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam masyarakat tersebut.
3.         Agama
     Kehidupan beragama seseorang atau kelompok masyarakat juga akan dapat menimbulkan kebutuhan yang beragam bergantung pada agama dan penghayatannya terhadap agama yang dianutnya.
4.         Adat Istiadat
            Adat istiadat suatu masyarakat juga berpengaruh terhadap pembentukan kebutuhan masyarakat. Misalnya, tradisi upacara perkawinan dan tradisi mudik lebaran.
5.         Peradaban
             Tingkat peradaban suatu masyarakat juga akan berpengaruh terhadap pembentukan kebutuhan. Semakin tingginya peradaban, semakin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. Coba kita amati kebutuhan masyarakat pada zaman primitif. Kemudian, dibandingkan dengan kondisi masyarakat yang sudah mengenal peradaban yang lebih tinggi tentulah kebutuhannya akan sangat berbeda antara satu dan yang lainnya.
     Kebutuhan pada masyarakat primitif jika diamati akan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan primer dalam pemenuhannya dipenuhi secara sederhana. Untuk kebutuhan makanan misalnya, mereka hanya tinggal mengambil dari hutan atau sekitar tempat tingalnya.
      Seiring dengan adanya kemajuan dan perkembangan peradaban, setiaap daftar kebutuhan akan semakin meningkat. Dahulu sekali belum terpikir radio dan telepon seluler akan menjadi barang kebutuhan yang penting. Namun, sekarang rasanya hidup kita kurang lengkap tanpa keberadaan radio, telepon seluler, buku, film, dan kebutuhan lainnya.

No comments:

Post a Comment