Friday, September 11, 2015

Pantai Nirwana

Sebagai kota dengan berbagai potensi wisata yang menawan dan bervariasi maka Anda tidak perlu bingung tentang kegiatan apa saja yang dapat Anda lakukan di Kota Baubau ini. 

Untuk wisata sejarah, mengunjungi Kompleks Kerajaan Buton dan bentengnya yang antik adalah salah satu destinasi wajib saat berada di Baubau. Usia bangunan yang ratusan tahun namun masih terjaga dengan baik menyuguhkan wisata sejarah yang akan mengesankan. Benteng keraton yang dinyatakan sebagai terluas di dunia adalah daya tarik yang menawan peninggalan abad ke-16. Di tempat ini ada juga Istana Badia, Makam Sultan Murhum (Sultan Buton pertama), masjid agung kuno yang dibangun pada abad ke-16, meriam-meriam kuno yang masih aktif, peralatan perang. Selain itu, ada juga pemukiman penduduk yang masih memegang teguh adat dan budaya kerajaan Buton. Masyarakatnya tetap melakukan berbagai macam ritual layaknya yang terjadi pada masa kesultanan berabad abad lalu. Mereka merupakan pewaris keturunan dari keluarga bangsawan Keraton Buton masa lalu.

Selain wisata sejarah, alam Kota Baubau yang eksotis juga menyimpan keindahan alam tropis berupa pantai, gua-gua kuno, air terjun, dan lainnya. Terdapat sejumlah pantai berpasir putih bersih nan cantik di Baubau, di antaranya adalah Pantai Nirwana. Pantai ini dapat ditempuh sekira 15 menit berkendara, tepatnya terletak di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari. Berada sejauh 10 km dari pusat Kota Baubau, pantai ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau untuk menyelam, memancing, berenang, volley pantai, dan menyaksikan Matahari tenggelam sambil duduk di gazebo atau kedai makanan dan minuman di pesisir pantai. 

No comments:

Post a Comment