Saturday, April 25, 2015

Makanan Pedas Hindarkan Anda dari Gangguan Lever





Liputan6.com, Wina Sebuah penelitan yang diungkap dalam International Liver Congress 2015 di Austria, Wina, hari ini menemukan fakta menarik. Makanan pedas, ternyata bisa melindungi organ hati atau lever.

Seperti dikutip Times of India, Kamis (23/4/2015) capcaisin, senyawa aktif dalam cabai, diklaim bisa mengurangi aktivasi sel kerusakan hati pada tikus.

Selama studi, tikus-tikus itu dibagi menjadi dua kelompok dan diberikan capsaicin dalam makanan mereka. Hasilnya, kelompok yang diberi capsaicin mengalami kerusakan hati yang lebih rendah. Sedangkan kelompok tikus lain yang mengalami fibrosis hati, capsaicin dapat mencegah perkembangan penyakit tetapi tidak mengurangi fibrosis yang telah ada.

Fibrosis hati atau peradangan biasanya ditandai dengan terbentuknya jaringan parut pada jaringan hati. Hal ini sering terjadi pada seseorang yang menderita hepatitis B atau C, peminum alkohol dalam jumlah yang berlebihan dan trauma.

Kendati demikian, peneliti mengungkapkan, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa banyak jumlah capcaisin yang aman dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment