Sunday, January 26, 2014

10 Cara Mudah Mencegah Serangan Jantung

Blog Dokter - Penyakit jantung bisa beresiko terhadap siapa saja dan utamanya dapat menyerang kapan saja. Penyakit jantung sangat berpengaruh dengan pola hidup dan juga makan anda. Selain itu factor seperti psikologis dan stress merupakan hal yang harus dijaga. Bagi penderita penyakit jantung sangat baik baginya untu terus menjaga kondisi tubuh agar bisa terhindar dari serangan jantung. Sebab dengan serangan jantung secara tiba-tiba akan menyebabkakn stroke dan lebih parahnya lagi bisa mengancam nyawa seseorang.

Oleh karena itu bagi anda pederita jantung dan memiliki orang terdekat yang menderita hal yang sama, penting bagi anda untuk memperhatika beberapa tips di bawah ini agar bisa membantu anda dalam mencegah serangat jantung tiba-tiba.

10 Cara Mudah Mencegah Serangan Jantung

mencegah serangan jantung - BlogDokter
Ilustrasi Mengalami Serangan Jantung
Berikut 10 Tips Mudah Mencegah Serangan Jantung

1. Jalan selama 30 menit setiap hari

Ubahlah pola hidup anda yang selalu bersantai. Usahakan untuk menyisihkan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan, hal ini dapat berguna untuk mengurangi resiko serangan jantung sekitar 30 persen.

2. Rutin mengecek tekanan darah

Seorang dengan penderita jantung sebaiknya rutin dan mengenali tekanan darahnya. Usahakanlah untuk mencapai angka 115/75 yaitu hal yang dpat dikatakn normal. Walaupun tekanan darah normal bergantung dengan individu anda bisa mengontrolnya ke dokter untuk mengetahui tekanan normal anda. Tenakan darah anda mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Dan, anda bisa menurunkan tekana ini sendiri.

3. Makan 250gr kacang-kacangan setiap hari

Kacang-kacangan akan meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan menurunkan radang. Kacang juga membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.

4. Coba cari tahu kadar HDL anda

HDL anda sebaiknya berada pada kisaran nilai 50. Bagi wanita, nilai HDL tinggi jauh lebih baik daripada LDL rendah. Entah kenapa, tapi yang jelas, makin tinggi nilai HDL, makin bagus (50 sudah termasuk bagus). CAra termudah untuk meningkatkan nilainya adalah olahraga, kurangi minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya: zaitun, canola. Asam Pantotenat (vit. B5) juga bisa membantu.

5. Makan 10 sendok makan saus tomat dalam seminggu

Saus tomat penuh dengan kalium yang menurunkan tekanan darah. Anda bisa menyajikannya dengan pasta agar terlihat lebih enak.

6. Gunakanlah benang gigi

Dengan menjaga kesehatan mulut dan mencegah radang arteri dapat membantu anda mengurangi kemungkinan sakit jantung. Jarang ada orang yang tahu bahwa kesehatan mulut anda mempengaruhi semua kesehatan arteri anda, yang mempengaruhi keadaan aliran darah ke jantung dan organ seksual anda, bahkan, mempengaruhi kerutan pada kulit.

7. Jangan makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari

Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.

8. Hindari makan gula berlebih

Gula berlebih juga akan memicu anda untuk terkena serangna jantung. Oleh karena itu hindarilah makanan yang memiliki kandungan gul yang banyak.

9. Kurangi alcohol

Minuman beralkohol seperti bir dan anggur memiliki efek anti – radang.

10. Makan 9 porsi sayuran dan buah setiap hari

Tingkatkan jumlah makanan sayur dan buah anda. Janganlah anda malas untuk mengonsumsi sayur dan buaha gar jantung anda tetap terjaga kesehatannya.

Terima kasih telah membaca 10 tips ampuh untuk mencegah serangan penyaki jantung sejak dini. Semoga dengan tips diatas anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

Baca juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anda

No comments:

Post a Comment