Tuesday, July 21, 2015

Email, Internet, SMS dan Telepon Kita Disadap? Tidak Ada Komunikasi Elektronik Rahasia

Jangan menganggap bahwa telekomunikasi elektronik jarak jauh kita selama ini bebas dari sepengetahuan pihak lain yang seharusnya tidak boleh mengetahuinya. Selama ini kita merasa aman-aman saja membicarakan hal-hal yang bersifat personal dan rahasia melalui alat komunikasi elektronik seperti telepon, sms, email, messenger, voip, forum, dan lain sebagainya. Padahal semua itu belum tentu karena banyak hal yang memperlihatkan bahwa komunikasi elektronik sangat rawan disadap oleh orang-orang yang tidak berhak.

Berikut ini adalah beberapa kejadian yang memperlihatkan bahwa komunikasi elektronik bisa disadap dan disimpan untuk dijadikan sesuatu yang menyulitkan korbannya di masa depan (entah benar atau tidak) :

- Akun email pribadi presiden suriah diberitakan telah disadap dalam waktu yang cukup lama dengan jumlah yang cukup banyak. Isi email tersebut kemudian dibocorkan di internet sehingga semua orang tahu rahasia-rahasia presiden suriah yang seharusnya tidak boleh diketahui orang lain. Bisa saja email setiap orang telah direkam untuk nantinya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan aksinya.

- Polisi di negara kita mampu menyadap komunikasi handphone kita baik telepon, sms dan berbagai metode komunikasi lainnya. Polisi bisa bekerja sama dengan pihak operator telepon untuk menyadap dan merekam segala aktivitas orang yang menjadi target operasi. Sangat mungkin sekali orang-orang yang dicurigai telah direkam segala aktivitas komunikasinya baik melalui handphone maupun telepon rumah.

- Ada situs web di internet yang mengetahui semua lalu lintas yang terjadi di internet. Situs web tersebut melaporkan informasi lalu lintas setiap website, blog, forum, dan lain-lain yang ada di internet secara gratis kepada pengguna internet. Bisa saja situs web tersebut juga menyimpan segala aktivitas perorangan individual maupun organisasi yang bersifat rahasia di internet.

- Banyak orang yang akun jejaring sosialnya dibobol orang lain sehingga banyak yang data komunikasi dan file-file rahasia yang ada di dalamnya bisa diketahui orang lain. Baik entah itu karena dibobol oleh suatu sistem yang canggih atau akibat keteledoran penyedia jasa layanan jejaring sosial sehingga menyebabkan bocornya materi rahasia para penggunanya.

Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam melakukan telekomunikasi elektronik karena rawan bocor. Yang jelas dari pihak operator atau penyedia jasa layanan komunikasi sangat bisa mengetahui dan merekam segala komunikasi yang kita lakukan tanpa sepengetahuan dan izin dari kita. Jadilah orang yang tidak mudah membuka rahasia dan menceritakan detail kehidupan pribadi kita secara gamblang, walaupun niatnya hanya untuk konsumsi pribadi saja.

Metode komunikasi lama yang telah ditinggalkan mungkin lebih aman dari bahaya kebocoran kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan, seperti bertemu langsung, surat pos, burung merpati pos, kurir, dan lain sebagainya. Walaupun masih tetap bisa disadap, namun butuh waktu dan sumber daya yang lebih besar dari pada menyadap pesan elektronik. Jadilah orang yang bijak dalam menggunakan alat-alat komunikasi. Jangan sampai kita menjadi korban atau kecerobohan kita sendiri.

No comments:

Post a Comment