Saturday, October 29, 2016

7 Cara Menghindari Osteoporosis Pada Wanita

Tulang merupakan salah satu anggota tubuh yang mudah mengalami kemunduran fungsi. Tulang tentu saja sangat membutuhkan kalsium dan zat besi dimana hal itu akan sangat membantu dalam mencegah kekeroposan tulang.

Tentunya kekeroposan tulang akan mengganggu aktifitas anda apalagi bagi anda yang sangat aktif. Sebab jika terjadi osteoporosis tulang-tulang akan terasa sangat rapuh dan tak bisa menunjang aktifitas kita. Banyak lansia yang terkena osteoporosis hanya bisa menyesali tidak melakukan pencegahan sewaktu masih muda. Sehingga sangat perlu bagi anda untuk mengetahui cara menghindari osteoporosis pada wanita.

7 Cara Menghindari Osteoporosis Pada Wanita

Ilustrasi Wanita Menghindari osteoporosis

1. Kontrol berat badan
Obesitas adalah teman baik dari osteoporosis. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga berat badan sehingga, tulang Anda tidak terlalu banyak berada di bawah tekanan.

2. Mengonsumsi kalsium
Osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium. Karena wanita cenderung kehilangan kalsium dari tubuh mereka dengan mudah, mereka harus memiliki proporsi yang lebih tinggi dari makanan yang kaya kalsium seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dll.

3. Jangan abaikan nyeri tubuh
Setiap jenis nyeri tubuh yang terjadi secara terus-menerus, terutama nyeri sendi, dapat menjadi pemicu osteoporosis. Jangan pernah menunda untuk pergi ke dokter dan mendapatkan tes tulang.

4. Jangan melakukan diet ketat
Diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda. Jangan melakukan diet semacam ini karena akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur untuk menjaga tulang Anda tetap fleksibel. Segala sesuatu yang tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama bisa jadi berkarat. Hal yang sama juga berlaku untuk tulang Anda.

6. Mengonsumsi suplemen berkalsium setelah menopause
Segera setelah Anda mengalami menopause, hormon estrogen yang melindungi tulang Anda akan berkurang sebagian besar. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi suplemen berkalsium segera setelah Anda berhenti menstruasi.

7. Berjemur di bawah sinar matahari
Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak dapat memproses kalsium. Dan Vitamin D diproduksi di dalam tubuh ketika Anda mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat.

Terma kasih telah membaca 7 Cara Menghindari Osteoporosis Pada Wanita. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para sahabat dokter.(Merdeka)

No comments:

Post a Comment