Saturday, December 12, 2015

Sejuknya Taman Wisata Wera - Sulawesi Tengah

Taman Wisata Wera,Air Terjun, Sigi
Potensi wisata di Sulawesi Tengah memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Taman Wisata Wera. Taman Wisata ini merupakan salah satu obyek wisata yang sudah tersohor di Sultengdan masuk dalam wilayah Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Jika anda benar-benar ingin berkunjung, untuk mencapai kawasan Taman Wisata Wera tidaklah sulit karena terdapat jalan aspal yang menghubungkan Kota Palu dengan desa-desa di sekitar lokasi wisata, seperti Desa Balumpewa yang berjarak sekitar 1 km dari jalan raya. Dari Kota Palu menuju ke Desa Balumpewa yang berjarak 19 km, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau carteran dalam waktu sekitar 45 menit. Selanjutnya, dari Desa Balumpewa ke lokasi air terjun yang berjarak 2 km, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Kawasan Taman Wisata Wera sebagian besar merupakan daerah perbukitan dengan kondisi topografi pada umumnya berlereng sampai terjal dengan kemiringan antgara 60% s/d 95% terdapat lembah yang sempit yang merupakan aliran sungai Wera yang agak datar terdapat pada bagian bawah disekitar desa Balumpewa dengan ketinggian dari permukaan laut 150 m s/d 800 m dpl.  Selain itu terdapat juga Permandian Air Panas Montokole yang terletak  ± 2 Km sebelah Selatan Taman Wisata Wera . Para wisatawan dapat menjadikan Pemandian Air Panas Mantikole ini satu paket wisata dengan Taman Wisata Wera, sehingga perjalanan wisata para wisatawan lebih bervariasi dan menyenangkan.

Taman Wisata Wera,Air Terjun, Sigi
Jika anda bertandang Kawasan Taman Wisata Wera, maka anda dapat menikmati udara yang sejuk sembari menikmati keindahan air terjun yang mengucur deras dari atas tebing, Air terjun Wera dengan ketinggian terjunan ± 80 m dengan kemiringan terjun antara 70° – 80° manakala kita berada disekitar tempat jatuhnya air menyuguhkan pemandangan yang indah.. Jika anda naik sedikit ke atas bukit maka anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang masih begitu asri.

Jangan mengira pesona taman wisata Wera akan habis disitu saja, di taman ini anda juga dapat menyaksikan keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di kawasan taman wisata ini, Flora seperti : kenari/ntoli (canarium aspermun), bintangur (callophylum sp.), lebanu (nauclea sp.), beringin (ficus benyamina), lei (palagulum javanicum), serta beberapa tumbuhan epifit, seperti anggrek tanah, dan pakis sarang (asplenium nidus) akan mudah anda temui di taman wisata wera. sedangkan jenis satwa yang dapat dijumpai di kawasan Taman Wisata Wera relatif sedikit, hanya beberapa jenis mamalia, aves dan serangga yaitu antara lain : Monyet hitam Sulawesi (Macaca tonkeana), Kus-kus (Phalanger ursinus), Tarsius (Tarsius spectrum), Burung kasuari, Gagak (Aceros cassidix), Ayam hutan (Gallus-gallus) dan beberapa jenis kupu-kupu. Keberadaan satwa yang relatif kurang ini tak lain disebabkan oleh kondisi habitat yang sudah terganggu dengan gangguan masyarakat sekitar yang masih sering berburu dan melintasi kawasan ini. (src: berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment