Wednesday, June 25, 2014

Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami ?

Cara mengatasi sembelit alami | Untuk anda yang tengah mengalami masalah sembelit dan ingin mencari solusinya, maka anda sudah tepat berada di blog ini. Jadi pada dasarnya sembelit atau yang juga dikenal dengan konstipasi ini adalah suatu kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan kita, adapun sistem pencernaan tersebut mengalami pengerasan tinja secara berlebihan sehingga susah untuk dikeluarkan dan biasanya juga disertai dengan rasa sakit pada saat buang air besar. Di samping itu bagian dari kotoran yang besar juga terkadang juga mampu merobek selaput lendir anus, khususnya pada anak-anak sehingga tentu saja hal ini mengakibatkan pendarahan pada dubur.
cara mengatasi sembelit


Seperti yang kita tahu bahwa frekuensi buang air besar setiap orang bervariasi, ada yang sehari 2 kali sehari atau bahkan 3 hari seminggu. Meskipun demikian, itu masih terbilang normal. Sebab jika BAB kurang dari 3 kali seminggu, maka itu termasuk kondisi seseorang mengalami sembelit. Biasanya faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya sembelit yaitu efek samping dari konsumsi obat yang berlebihan, kurang mengonsumsi serat serta kurang mengonsumsi air putih. Selain itu orang yang melakukan diet tinggi serat sekalipun juga cenderung menjadi sembelit, namun hal paling umum dari sembelit yaitu karena diet rendah atau tinggi lemak, telur, keju dan daging.

Lantas bagaimana cara mengatasi sembelit ?


Berikut ini cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa kita lakukan :

  • Mengatur pola makan dengan baik dan tepat waktu, sebab pola makan yang tidak teratur bisa berakibat buruk bagi usus dan lambung kita, sehingga bisa menimbulkan permasalahan perut seperti halnya sembelit.
  • Penuhi kebutuhan sayur dan buah, karena bagaimanapun juga sembelit bisa terjadi apabila kita kekurangan serat dalam tubuh. Adapun sumber serat tersebut bisa kita dapatkan dari buah apel, pisang, pir dan sebagainya, sementara untuk sayuran utamakan mengonsumsi bayam, brokoli dan kangkung.
  • Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Sebab selain bisa mencegah kita dehidrasi juga sebagian besar dari tubuh kita berupa cairan sehingga tubuh kita juga membutuhkan asupan air yang cukup banyak.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi. Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya makanan "junk food", sebab itu bisa menyebabkan terjadinya sembelit.
  • Rutin berolah raga. Dengan begitu tubuh kita tetap sehat dan tubuh kita tetap bisa melakukan metabolisme dengan baik.
Demikianlah cara mengatasi sembelit, mudah bukan ! asalkan kita bisa mengatur makanan yang kita konsumsi secara seimbang, maka kita juga bisa terhindar dari masalah sembelit.

No comments:

Post a Comment