Tuesday, November 12, 2013

12 Cara Alami Mengatasi Migrain

Blog Dokter - Sakit pada bagian kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering dirasakan oleh siapa saja. Sakit kepala inipun jenisnya sangat beragam bergantung titik sakit pada kepala tersebut. namun salah satu sakit kepala yang cukup menyiksa adalah migrain yaitu sakit kepala sebelah.

Beberapa sakit kepala disebabkan oleh beberapa gangguan pada tulang belakang yang berhubungan dengan saraf. Oleh karena itu, jika kepala sedang sakit maka anggota tubuh lainnya akan merasa terganggu dan akitfitas yang sering kita lakukan akan terhambat.

12 Cara Alami Mengatasi Migrain

wanita mengalami migrain
Ilustrasi Sakit Kepala Sebelah atau Migrain
Berikut beberapa cara alami dibawah ini, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi  migrain yang cukup meresahkan tanpa menggunakan obat kimia

1. Chiropractic

Cobalah metode penyembuhan alternatif Chiropractic untuk mengatasi migren yang mungkin sering mengganggu aktivitas Anda.

Pengobatan chiropractic dapat membantu migren dengan cara meluruskan kembali tulang punggung dan leher, melepaskan tekanan pembuluh darah yang tegang, sehingga darah dapat kembali mengalir bebas pada tubuh dan sistem saraf.

2. Akupunktur

Terapi akupunktur dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migren.

3. Minum banyak air putih

Kurangi minuman bersoda, kopi, dan soft drink lainnya. Dianjurkan minum enam sampai delapan gelas air putih sehari.

Dengan banyak minum air putih maka dapat membantu tubuh membersihkan racun yang dapat menyebabkan migren.

4. Aromaterapi

Aromaterapi diyakini dapat membantu meringankan migren. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender pada handuk kecil dan gunakan sebagai kompres di kepala, ini dapat meredakan sakit kepala akibat migren.

5. Teh Jahe

Pada saat mendapatkan serangan migren, minumlah teh jahe hangat yang dibuat dari jahe segar. Minuman herbal teh jahe hangat ini dapat meringankan sakit kepala atau migren.

6. Minum Kopi

Menikmati makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat meredam rasa sakit akibat migrain. Karena itulah kafein sering dimasukkan sebagai bahan obat-obatan. Tetapi Anda harus berhati-hati karena Anda bisa saja mengalami ketergantungan dengan terus minum kopi setiap kali migrain kambuh sehingga melewati dosis minum kopi harian. ( lihat juga : 7 Tips Sehat bagi Orang Suka Minum Kopi )

7. Pijat Pelipis Anda

Ini adalah cara alami yang sudah digunakan sejak lama. Pemijatan ini adalah cara alami untuk meredakan sakit di sekitar kepala dan membuat tubuh terasa nyaman.

8. Pijat atau Cium Aroma Minyak Angin


Gunakan minyak pemijat atau minyak gosok di bagian pelipis, lalu gosokkan. Bisa juga Anda oleskan di sekitar leher yang terasa kaku. Aroma minyak dan rasa hangat bisa membuat tubuh terasa nyaman dan mengurangi rasa sakit.

9. Biarkan Kepala Dingin dan Tubuh Hangat

Dengan kondisi seperti ini, darah akan mengalir lebih cepat pada bagian kepala. Anda bisa melakukan kondisi ini dengan berendam air hangat atau berbaring dengan menutup tubuh dengan selimut hangat yang nyaman.

10. Berbaringlah  di Ruangan Gelap

Istirahat di ruangan yang gelap dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Sinar yang terlalu terang atau silau akan membuat sakit kepala semakin menjadi. Karena itu usahakan Anda berada di tempat teduh atau gelap.

11. Makanan Makanan Asin

Jika Anda mulai merasakan serangan migrain, ambil makanan dengan rasa asin, misalnya keripik asin. Menikmati makanan asin dapat menghentikan serangan migrain agar tidak semakin parah.

12. Kompres Kepala Dengan Es

Mengompres kepala dengan es yang sudah dibungkus kantong plastik atau air dingin dapat meredakan migrain. Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es di bagian yang sakit.

Terima kasih telah membaca 12 cara ampuh mengobati migrain atau sakit kepala sebelah. Seoga dengan tips diatas sakit kepala sahabat blog dokter dapat teratasi dengan cepat dan melanjutkan aktifitas dengan baik.

No comments:

Post a Comment