Saturday, July 12, 2014

Cara Mencegah Penyakit Maag Saat Puasa

Upayamencegah penyakit maag sebenarnya ada berbagai macam cara, akan tetapi yang paling utama adalah makan dengan teratur. Mengapa demikian? karena apabila kita tidak makan secara teratur atau memiliki pola makan yang salah maka itu bisa membuat daya kerja lambung menjadi tidak teratur pula sehingga mengakibatkan kita terserang penyakit maag yang berkepanjangan (kronis).

Cara Mencegah Penyakit Maag Saat Puasa

Tapi bagaimana jika saat bulan puasa tiba? tentunya pola makan kita menjadi tidak teratur?


Nah, hal ini memang kerap menjadi permasalahan khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya. Seperti yang kita tahu bahwa ketika puasa maka kita di bolehkan makan ketika berbuka dan juga sahur. Jadi untuk mencegah penyakit maag melanda ketika bulan puasa maka kita bisa melakukan pencegahan dengan cara seperti berikut ini :

  • Segera berbuka puasa ketika waktunya tiba dan juga sebaiknya memperlambat waktu sahur.
  • Ketika kita makan, maka sebaiknya upayakan untuk mengunyahnya sebanyak 32 kali supaya makanan lebih mudah untuk dicerna dan masuk ke lambung kita
  • Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan juga asam
  • Kurangi konsumsi makanan yang bisa melukai lambung seperti cuka, kopi atau makanan lain yang bisa memicu produksi asam lambung berlebih
  • Konsumsilah susu kedelai ketika berbuka puasa karena susu kedelai terbukti bisa mengatasi masalah pencernaan seperti halnya radang saluran pencernaan, maag dan kembung.
  • Hindari stress karena itu bisa menyebabkan kambuhnya penyakit maag
  • Buang kebiasaan merokok
  • Makanlah di sela-sela berbuka dan saur, meskipun sedikit tapi sering itu lebih di anjurkan daripada anda langsung makan dengan porsi yang banyak.




Pada dasarnya penyakit maag sendiri bisa kita cegah dan bisa juga kita sembuhkan tentunya dengan mengubah pola makan yang selama ini salah dan juga kita harus pandai-pandai dalam memilih makanan yang hendak kita konsumsi, sebab maag itu sangat tergantung dengan kebiasaan makan kita serta makanan apa yang sering kita konsumsi. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki masalah maag dan ingin tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar, maka anda bisa mencoba menerapkan cara mencegah maag selama puasa di atas.

No comments:

Post a Comment