Monday, June 22, 2015

Kong Hu-Cu (551 – 479 sm)



Kong Hu-Cu merupakan seorang filosof besar Cina, Dia merupakan orang pertama pengembang system memadukan alam pikiran dan kepercayaaan orang Cina yang paling medasar. Filosofisnya menyangkut moralitas orang-perorang dan konsepsi suatu pemerintahan tentang cara-cara melayani rakyat dan memerintahnya lewat tingkah laku teladan telah menyeap jadi darah daging kehidupan dan kebudayaan orang Cina lebih dari dua ribu tahun.
Lahir sekitar tahun 551 SM da kota kecil lu, kini masuk wilayah propinsi Shantung di timur laut daratan Cina. Dalam usia muda dia ditinggal mati oleh ayahnya membuatnya hidup sengsara di samping ibunya. Ketika dia dewasa dia menjadi pegawai negeri kelas teri tapi setelah sekian tahun dia berhenti jadi pegawai. Sepanjang 16 tahun selanjutnya dia menjadi guru, sedikit demi sedikit dia mencari pengaruh dan penganut anutan folosofisnya. Menginjak umur 50 tahun bintangnya bersinar karena dia mendapat kedudukan tinggi di pemerintahan kota LU.
Sang nasib baik rupanya tidak selamanya ramah karena orang yang dengki dengannya menyeretnya ke pengadilan, sehingga dia dicopot dari kedudukannya serta dia diusir  meninggalkan kota tempatnya.
Sekitar 13 tahun dia berkelana dan menjadi guru keliling dan dia kembali ke kota Lu 5 tahun sebelum dia meninggal (479 SM), dia merupakan filosof sekuler yang berurusan dengan masalah moral politik dan pribadi serta tingkah laku akhlak.
Ada dua hal yang peting terdapat dalam kata Kong Hu-Cu yatu “Yen” dan “Li”. “Yen” sering diterjemahkan dengan kata “Cinta”, tapi sebetulnya artinya lebih dekat yakni “keramah-tamahan dalam hubungan dengan seseorang. “Li” dilukiskan sebagai gabungan antara tingkah laku, ibadah, adapt kebiasaan, tatakrama dan sopan santun.

No comments:

Post a Comment