Saturday, November 7, 2015

Daftar Berbagai Saluran/Jaringan yang Ada di Sekitar Lingkungan Kita

Suka maupun tidak suka dalam kehidupan kita dipenuhi oleh jaringan-jaringan atau saluran-saluran yang berfungsi untuk menunjang kehidupan kita maupun orang lain di sekitar kita. Mereka ada di mana-mana mulai di atas kita hingga di bawah kita dan bahkan ada yang tidak terlihat sama sekali alias kasat mata. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dari hari ke hari menambah sesak jaringan yang ada di sekitar kita. Kita pun hanya bisa mengelus geleng-geleng kepala dan berharap bahwa jaringan maupun saluran yang ada tidak berdampak buruk pada kita semua.
Mari kita lihat ada jaringan apa saja yang ada di lingkungan sekitar kita :
1. Jaringan Telepon
Untuk bisa menggunakan failitas telepon, sms, fax, internet dan lain sebagainya butuh suatu jaringan kabel yang saling terhubung satu sama lain dalam skala besar. Kabel telpon bisa kita lihat di atas tiang telepon di sekitar kita. Selain membawa data, kabel telepon juga membawa daya listrik untuk menghidupi pesawat telepon standar.
2. Jaringan Listrik
Saat ini untuk transfer listrik dari PLN kita masih menggunakan jaringan kabel listrik yang sangat rumit. Biasanya jaringan listrik dapat kita lihat dengan mudah di sekitar kita karena kabel listrik dipasang di atas tiang listrik. Jika terjadi kekurangan pasokan listrik, PLN (Perusahaan Listrik Negara) tinggal melakukan pemadaman bergilir agar pasokan listrik yang ada tidak kelebihan beban.
3. Saluran Air Bersih
Air bersih mengalir dari pipa ke pipa di bawah tanah yang kita pijak. Air bersih sangat dibutuhkan warga masyarakat yang tinggal di daerah yang kekurangan air bersih. Selain dari membeli air dari penyedia saluran air bersih, warga masyarakat juga bisa mendapatkan air bersih secara gratis dengan membuat sumur air bersih di rumah atau lahannya masing-masing.
4. Saluran Pembuangan Air Kotor
Air kotor yang kita hasilkan kita buang di saluran air kotor atau yang biasa kita sebut dengan selokan, got, comberan, parit, dan lain sebagainya. Air kotor yang kita buang mengalir ke danau, sungai, waduk, rawa, laut, sistem pengolahan air kotor, dan lain-lain. Itulah yang menyebabkan lingkungan kita tercemar karena kita gemar buang sampah cair sembarangan.
5. Jaringan Komunikasi Nirkabel
Udara dan tanah adalah media yang bisa digunakan untuk menghantarkan data-data dari suatu tempat ke tempat lain. Berbagai gelombang merayap di mana-mana termasuk di tubuh kita. Entah dalam jangka panjang bisa mengakibatkan dampak buruk apa jika kita terus-menerus terpapar gelombang yang tidak terlihat tersebut. Handphone, handie-talkie, jaringan wi-fi, wimax, bluetooth, infra red, siaran televisi, siaran radio, siaran satelit, komunikasi radio, rt-rw net, dan lain-lain adalah contoh teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat eletronik (gadget).
6. Jaringan TV Kabel
Selain menggunakan teknologi gelombang satelit, siaran televisi juga menggunakan teknologi kabel seperti telepon dan listrik untuk bisa menyajikan tayangan televisi kepada para pelanggannya. Biasanya penyedia layanan televisi kabel akan menggunakan jaringan yang sudah ada untuk meletakkan kabelnya. Bisa bekerja sama dengan PLN dan bisa juga bekerja sama dengan Telkom agar diperbolehkan meletakkan kabel jaringannya di tiang listrik atau tiang telepon.
Masih ada lagi jaringan atau saluran lainnya yang ada di sekitar kita. Kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih atas kehadiran anda di situs web organisasi.org ini.

No comments:

Post a Comment