Saturday, November 14, 2015

Memilih/Membeli Komputer & Laptop Spesifikasinya Harus Sesuai Kebutuhan Pemakaian Kita

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah komputer baik baru maupun bekas kita sebelumnya harus terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan akan kekuatan komputer yang kita perlukan. Hal ini sangat penting karena yang pasti komputer atau notebook/laptop yang kita beli tidak bisa dikembalikan ditukar dengan yang lain hanya karena alasan salah beli.

Dengan selembar kertas dan sebuah pensil/pulpen tulislah aktivitas-aktivitas apa saja yang akan anda lakukan dengan komputer atau laptop yang anda beli. Misalnya untuk mengetik, nonton film, berselancar di internet, presentasi, main game, chatting, videocall, mendengar lagu mp3, membuat laporan, membuat animasi, dan lain sebagainya. Tentukan pula kira-kira software (perangkat lunak) apa saja yang akan dipasang/diinstall di komputer tersebut.

Dari situlah akan terlihat spesifikasi kekuatan komputer yang kita butuhkan. Tentukan juga berapa anggaran yang disiapkan untuk membeli komputer. Jika anggarannya sangat besar, maka mau membeli komputer atau notebook/laptop yang canggih pun tidak apa-apa. Namun beda halnya apabila dana yang dimiliki sangat terbatas sehingga dibutuhkan berbagai penyesuaian agar fungsi-fungsi yang kita harapkan dapat dijalankan oleh komputer yang akan kita beli.

Jika anda punya uang banyak maka belilah komputer pc atau laptop yang baru, canggih dan tidak ketinggalan jalan yang bisa menjalankan berbagai aplikasi yang berat-berat. Walaupun saat ini mungkin belum dibutuhkan, namun mungkin saja suatu saat akan dibutuhkan oleh diri kita sendiri ataupun oleh orang lain. Akan tetapi jika ingin berhemat maka beli saja komputer/laptop yang spesifikasinya sedikit di atas system requirements (kebutuhan sistem) aplikasi yang akan kita pasang dan jalankan nantinya.

Namun jika anggaran terbatas maka sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika ternyata kita memutuhkan spek yang tinggi namun terbentur biaya, maka yang dapat kita lakukan adalah dengan mengorbankan fungsi atau merk yang ada atau mengganti aplikasi atau software yang akan dipakai dengan yang lebih ringan yang tidak memberatkan kinerja komputer/laptop kita.

Contohnya misalkan komputer merk A yang kurang terkenal memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan komputer merek B yang sangat terkenal. Akan tetapi karena harga merek A jauh lebih murah dari merek B, maka kita bisa memilih komputer/laptop merek A. Atau contoh lainnya seperti komputer C harganya mirip dengan komputer D, namun komputer C punya ram besar dan komputer D punya harddisk besar. Jika kita lebih mengutamakan menjalankan aplikasi yang berat, maka sebaiknya pilih komputer C yang punya ram besar.

Dengan berbagai keterbatasan yang ada, jika kita mau berusaha mencari jalan keluarnya, semua akan bisa teratasi dengan baik. Sebagai manusia yang diberikan kecerdasan sudah sepantasnya kita selalu berusaha mendapatkan yang terbaik dari sumber daya yang ada. Dengan begitu hidup kita akan menjadi jauh lebih baik. Selamat berpikir.

No comments:

Post a Comment