Sunday, November 15, 2015

Mata-Mata yang Ada di Teknologi Sekitar Diri Kita (Senjata Makan Tuan)

Mata-mata adalah sesuatu hal yang wajar dalam keseharian kita di mana adanya pihak yang berusaha untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh pihak lain untuk berbagai kepentingan.  Tidak hanya lembaga intelejen saja yang melakukan kegiatan spionase, organisasi bisnis, organisasi nirlaba dan aliran sesat pun terkadang melakukan kegiatan memata-matai pihak yang lain.  Beberapa tujuan aktivitas mata-mata yaitu untuk harta, tahta, wanita, kedamaian, dan lain sebagainya.

Kegiatan memata-matai tidak hanya dilakukan oleh pihak yang berwenang dan berkuasa di suatu wilayah saja, namun biasanya pihak-pihak yang tidak berwenang dari dalam dan luar wilayah tersebut juga bisa melakukan kegiatan mata-mata.  Pihak yang berwenang pun tak jarang menjadi korban spionase oleh pihak asing.  Entah sampai kapan kegiatan mata-mata akan berakhir di dunia yang fana ini.  Kita sebagai orang biasa pun mungkin saja juga telah menjadi korban mata-mata sehingga berbagai data-data pribadi kita telah berada di tangan mereka yang akan mereka gunakan untuk melawan atau menjerat kita suatu saat nanti.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang kita miliki yang bisa memata-matai diri kita sendiri :

1. Pencitraan Satelit

Seperti yang kita lihat di film bioskop atau televisi bahwa teknologi untuk melihat seseorang dari kamera satelit yang ada di ruang angkasa sangat memungkinkan sekali untuk diwujudkan.  Apalagi saat ini kita telah mempunyai peta dunia yang dibuat dari gabungan foto-foto satelit asli hingga jarak yang cukup dekat.  Jadi jika pihak-pihak yang memiliki kontrol atas satelit mata-mata tersebut ingin melihat kita yang sedang berada di luar rumah mungkin dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.  Apalagi negara kita yang berada di garis khatulistiwa di mana kebanyakan satelit luar angkasa berada.

2. Jaringan Telepon

Handphone alias ponsel dan juga telepon sambungan tetap alias telepon kabel sangat mungkin untuk diperintahkan untuk menyadap segala aktivitas yang kita lakukan.  Perkembangan teknologi telepon saat ini yang semakin menjadi mirip komputer juga sangat mempermudah banyak pihak untuk memata-matai kita.  Hape kita pun bisa saja terus-menerus merekam suara pembicaraan kita dan juga gambar video dari kameranya untuk kemudian di kirim ke pihak-pihak tertentu walaupun handphone kita matikan.  Komputer milik pribadi kita saja bisa digunakan orang untuk menjadi mata-mata pemiliknya, begitu pun juga pada telepon.  Bebagai aktivitas di hp seperti telepon, sms, mms, messenger, browsing, email, dan lain sebagainya bisa diketahui oleh berbagai pihak.

3. Jaringan Internet

Komputer yang terhubung dengan internet bisa jadi telah disusupi program jahat untuk memantau diri kita baik dari segi rekaman suara maupun rekaman gambar video.  Setelah direkam, lalu komputer secara otomatis mengirimkannya kepada pihak-pihak tertentu lewat jaringan internet yang ada.  Salah satu cara yang aman untuk tidak dimata-matai adalah tidak memasang internet sama sekali pada komputer yang ada di sekitar kita.  Termasuk juga piranti keras yang dibutuhkan untuk terkoneksi dengan internet dan pertukaran data seperti lan, wi-fi, bluetooth, infra red, dan lain sebagainya.  Bebagai aktivitas online seperti browsing, email, chatting, blogging, tele confrence, dan lain sebagainya bisa diketahui oleh berbagai pihak.

4. Kamera CCTV

Tanpa kita sadari mungkin di sekitar kita telah terpasang banyak kamera cctv khususnya di tempat-tempat publik seperti jalan raya, sekolah, rumah sakit, pasar, mall, kantor pemerintah, kantor swasta dan lain sebagainya.  Kamera tersebut mungkin saja terhubung dengan internet atau jaringan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk memata-matai orang-orang yang dikehendakinya.

5. Kartu Identitas

Bukan sesuatu yang tidak mungkin di dalam kartu identitas yang kita bawa sehari-hari seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Kredit, dan lain sebagainya telah disusupi oleh alat yang bisa terlacak oleh suatu mesin khusus.  Jadi nantinya di mana pun keberadaan kita dapat dengan mudah dilacak oleh alat tersebut tanpa kita sadari.  Perkembangan teknologi yang serba canggih belakangan ini sangat memungkinkan hal ini bisa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di mana pun kita berada walau secanggih apa pun kita, tetap saja kita akan sulit untuk bersembunyi dari pihak-pihak yang memiliki perangkat mata-mata yang canggih.   Terlebih lagi kita tidak akan pernah bisa bersembunyi dari Tuhan kita Allah SWT yang Maha menghidupkan dan mematikan kita.

No comments:

Post a Comment