Tuesday, December 31, 2013

7 makanan Terbaik Untuk Otak Anak


Makanan terbaik untuk otak anak memang haruslah memenuhi asupan nutrisi, vitamin maupun kandungan gizi yang lengkap. Tentu sebagai orang tua kita menginginkan anak bisa cemerlang dan berprestasi di sekolah bukan? Oleh sebab itu, cukupilah semua kebutuhan anak dengan memenuhi segala asupan yang dibutuhkan melalui pemilihan makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Bahkan para ahli nutrisi pun menganjurkan kepada semua orang tua untuk memilihkan beberapa jenis makanan yang bergizi untuk meningkatkan pertumbuhan otak mereka. Adapun beberapa makanan tersebut diketahui bisa mendukung serta meningkatkan kecerdasan otak anak dalam masa pertumbuhan, sehingga anak bisa memperbaiki konsentrasi, fungsi maupun daya ingat.

makanan terbaik untuk otak anak


BEBERAPA MAKANAN YANG DIREKOMENDASIKAN DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN FUNGSI OTAK ANAK


Jadi sebagai upaya untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan fungsi otak dengan maksimal, maka berikut ini ada beberapa makanan yang direkomendasikan oleh para ahli dan sangat baik dikonsumsi karena ini merupakan makanan terbaik untuk otak anak.

  • Ikan

Adapun ikan yang sangat baik dikonsumsi di sini misalnya seperti ikan salmon karena ikan ini mengandung asam lemak yang sangat bermanfaat dan merupakan sumber omega 3 terbaik untuk membantu pertumbuhan otak anak. Bahkan beberapa studi juga mengatakan, untuk anak yang kerap mengonsumsi ikan dengan kandungan omega yang tinggi maka mereka akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik.

  • Telur

Makanan terbaik untuk otak anak yang satu ini memang sudah kerap kita jumpai, selain karena harganya yang murah juga kandungan gizi di dalamnya sangatlah banyak. Jadi telur ini adalah sumber protein terbaik, adapun pada bagian kuning telurnya juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak anak agar lebih maksimal. Oleh sebab itu upayakan untuk rutin memberikan sarapan anak ataupun makan malam anak dengan menu yang berbahan dasar dari telur ayam.

  • Selain kacang

Seperti yang kita tahu bahwa kacang ini sangatlah kaya dengan vitamin E serta antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel otak dari radikal bebas. Adapun jenis kacang yang sangat baik yaitu almond dan macadamia. Jadi untuk mendapatkan hasil terbaik, maka pilihlah selai kacang dengan kandungan gula dan natirum yang rendah.

  • Sayuran hijau

Bayam, tomat, wortel dan juga labu merupakan makanan yang sangat kaya akan antioksidan. Sehingga makanan tersebut dipercaya bisa membantu untuk menguatkan membran sel. Jadi apabila semakin cerah dan segar warna sayuran, maka makin tinggi juga kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu sayuran tersebut juga mempunyai manfaat sebagai pencegah kanker.

  • Oatmeal / Oat

Makanan terbaik untuk otak anak selanjutnya adalah oatmeal. Jadi makanan yang digemari oleh anak ini juga mengandung karbohidrat yang akan diserap oleh otak anak selama belajar. Adapun makanan ini juga sebagai sumber vitamin B, E potasium maupun zinc yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak anak.

  • Kacang hijau

Kacang hijau ini memang sangat disarankan untuk dikonsumsi anak karena terdapat kandungan nutrisi yang sangat lengkap di dalamnya seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin C, zat besi, asam folat, potasium, fosfor dan masih banyak lagi yang sangat penting bagi perkembangan otak anak.

  • Daging sapi tanpa lemak

Sebagai sumber zat besi terbaik, daging sapi tanpa lemak ini tentu sangat baik dikonsumsi oleh anak. Bahkan daging sapi ini juga memiliki kandungan zinc yang berguna untuk memelihara daya ingat.


Jadi itulah beberapa makanan yang sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi oleh anak-anak, terutama dalam masa pertumbuhan. Dengan begitu kemampuan otak anak bisa berkembang secara optimal sehingga anak-anak bisa semakin berprestasi karena para orang tua mengetahui makanan terbaik untuk otak anak.

No comments:

Post a Comment