Tuesday, December 31, 2013

Cara Mengetahui Tumbuh Kemabang Anak


Cara mengetahui tumbuh kembang anak sebenarnya dapat kita ketahui melalui beberapa pertanda, adapun hal ini memang sangat diperlukan terutama bagi orang tua untuk bisa mengetahui apakah perkembangan anaknya berjalan ke tahap yang normal. Akan tetapi kita tahu bahwa perkembangan masing-masing anak tidaklah sama, sehingga apabila anak tidak bisa mengembangkan keterampilannya dengan waktu tertentu maka kita sebagai orang tua harus lebih waspada dan sebaiknya diperiksa lebih lanjut sebagai bentuk antisipasi terjadinya gangguan kesehatan seperti autisme yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.

mengetahui tumbuh kembang anak


TAHAPAN-TAHAPAN PERKEMBANGAN ANAK


Adapun cara mengetahui tumbuh kembang anak memang ada beberapa tahapan yang bisa kita lihat berdasarkan usia. Jadi di antara jenjang usia tertentu maka seorang anak sedikit demi sedikit juga akan mengembangkan kemampuannya seperti yang akan saya bahas berikut ini :

  • Usia empat bulan pertama

Dalam usia ini seorang anak akan mencapai tahapan seperti belajar untuk mengenali seseorang, tertawa, menangis, tersenyum serta anak akan mulai untuk membuat suara sebagai bentuk upaya dalam berkomunikasi. Adapun untuk tahapan selanjutnya seorang anak akan belajar berguling, duduk hingga akhirnya mencoba untuk merangkak dan berjalan.

  • Usia dua belas bulan

Di sini anak akan belajar untuk membentuk kata-kata pertama dan akan terus berkembang seiring pertumbuhannya. Mereka akan mencoba untuk berbicara menggunakan bahasanya sendiri dengan merangkaikan kata hingga sempurna. Jadi dalam tahapan ini memang bahasa serta sosialisasi sangatlah penting.

  • Usia 18 - 24 bulan

Dalam tahap ini cara mengetahui tumbuh kembang anak bisa kita lihat dengan memperhatikan apakah anak sudah mampu berbicara dengan cukup jelas. Selain itu di sini mereka juga sudah mulai bisa mengoordinasi pergerakan misalnya bisa melompat tanpa terjatuh. 

  • Usia 25 - 36 bulan

Jadi selama bulan-bulan tersebut, seorang anak akan mempunyai suara yang mulai jelas dan mampu belajar untuk melakukan tugas-tugas termasuk untuk mengurus dirinya sendiri. Dalam hal ini termasuk menyikat gigi maupun aktivitas ringan lainnya.

  • Usia tiga tahun

Pada usia ini, anak sudah mampu untuk mengembangkan kepribadian mereka. Misalnya saja dalam mengidentifikasi pola, warna, bentuk maupun ukuran. Di samping itu seorang anak juga sudah bisa bersosialisasi dengan baik kepada semua orang. Jadi di sini peran orang tua sangatlah penting untuk terus mendorong kemampuan dan tumbuh kembang anak supaya lebih maksimal.

  • Usia empat tahun

Rentan usia empat tahun ini merupakan waktu serius bagi seorang anak karena di usianya yang ke 4 tahun biasanya mereka harus sudah siap untuk bersekolah. Jadi mereka harus mulai banyak belajar seperti berhitung satu hingga sepuluh, menulis nama, mengetahui alamat rumah, maupun mengenali secara pasti semua anggota keluarga.

  • Usia lima tahun

Cara mengetahui tumbuh kembang anak di usia lima tahun, anak akan jauh lebih mengerti baik itu dari segi emosional, pikiran maupun tindakan. Jadi di sini seorang anak harus sudah mengetahui perbedaan antara kemarin, sekarang maupun esok. Selain itu anak dengan usia lima tahun harus sudah mampu mengucapkan setidaknya 13.000 lebih kata-kata.



            Sebagai orang tua sebaiknya untuk selalu memperhatikan serta memberi stimulasi yang paling tepat agar tumbuh kembang anak bisa lebih optimal. Dengan begitu pertumbuhan anak bisa sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi itulah tahapan-tahapan yang harus anda perhatikan mengenai cara mengetahui tumbuh kembang anak.


No comments:

Post a Comment