Tuesday, April 22, 2014

Informasi dan Tips merawat bayi

Sebagai orang tua, hadirnya sang buah hati memang merupakan saat yang paling di nanti-nanti. Akan tetapi bagi mereka pasangan muda yang masih belum memiliki pengalaman dalam merawat bayi, tentu hal ini juga akan menjadi kendala tersendiri. Sebab bagaimanapun sang buah hati haruslah mendapatkan perawatan yang tepat baik secara fisik maupun mental agar tumbuh kembang bayi bisa tetap optimal serta kesehatannya juga terjamin.


tips dan cara merawat bayi

Cara merawat bayi dengan tepat


Berbicara mengenai seorang bayi, maka salah satu yang harus kita perhatikan adalah asupan makanannya. Sebab bayi yang masih kecil tentu belum bisa mengenal makanan kecuali ASI. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan hal ini. Nah, bagi anda khususnya para ibu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cara merawat bayi secara tepat seperti berikut ini :

  • Memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama

Jadi untuk bayi yang masih baru lahir hingga berumur 6 bulan itu sebaiknya diberikan ASI eksklusif tanpa menyelinginya dengan susu formula. Sebab bagaimanapun ASI itu adalah makanan bayi yang paling baik. Apabila kita lihat kandungan dalam ASI sendiri juga sangatlah lengkap, bahkan semua gizi yang dibutuhkan oleh bayi sudah terkandung di dalamnya. Selain itu juga terkandung zat antibodi yang mampu menjaga kesehatan bayi dari serangan infeksi. Oleh sebab itu pemberian ASI sejak awal hingga 6 bulan pertama sangatlah penting bagi sang buah hati.

  • Sebaiknya jangan menidurkan bayi dengan posisi tengkurap

Apabila kita sebagai orang tua sering menidurkan bayi dengan posisi tengkurap, maka demikian ini bisa membahayakan aspirasi sang bayi dan bisa membuatnya tersedak (gumoh). Jadi apabila kita mengabaikannya, tentu bahaya tersebut bisa memicu sindrom kematian. Oleh karena itu ada baiknya apabila usia sang bayi masih di bawah 3 tahun jangan menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap.

  • Bayi akan sering tidur

Mungkin untuk hal yang satu ini tidak perlu anda khawatirkan, pasalnya pada bulan-bulan pertama seorang bayi memang akan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur. Umumnya mereka hanya akan bangun jika merasa lapar atau ada hal yang membuatnya tidak nyaman. Rata-rata mereka akan menghabiskan waktunya kurang lebih 16 jam hanya untuk tidur. Akan tetapi ada baiknya kita sebagai orang tua membangunkannya tiap dua jam sekali untuk memberikannya ASI.

  • Jangan mengikatkan bedong ataupun gurita terlalu kencang

Walaupun kita tahu bahwa bedong ataupun gurita untuk menghangatkan kondisi si kecil, akan tetapi jangan sampai kita dalam memakaikannya terlalu kencang. Sebab itu juga bisa membahayakan sang bayi dan juga mengganggu pernapasannya.

  • Memandikan bayi dengan baik

Jadi untuk memandikan bayi dengan rentan usia antara 1 hingga 2 Minggu, ada baiknya hanya perlu di lap menggunakan kain yang di basahi saja. Karena apabila tali pusarnya belum lepas dan terlalu sering terkena air maka itu bisa menyebabkan infeksi. Namun bagaimanapun juga kita harus tetap membersihkan bayi selepas buang air kecil maupun besar dengan menggunakan air hangat.

Pada dasarnya mengingat kondisi dan keadaan bayi yang masih kecil, maka diperlukan perawatan yang ekstra. Dengan demikian bagi para orang tua memang sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawat bayi dengan benar dan tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

No comments:

Post a Comment