Friday, April 18, 2014

Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes melitus tipe 2 adalah suatu kondisi yang mana ditengarai oleh adanya gangguan pada fungsi insulin. Adapun hormon insulin tersebut memiliki peran penting untuk mengatur kadar glukosa yang sangat berguna bagi tubuh sebagai sumber energi. Jadi jika tubuh kita tidak dapat memproduksi hormon insulin, maka glukosa yang semestinya bisa masuk pada sel akan tetapi itu tetap berada di aliran darah. Demikian inilah yang mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

Diabetes tipe 2.png

Gejala Diabetes Melitus Tipe 2


Berbicara mengenai gejala diabetes melitus yang dapat kita rasakan secara pasti adalah rasa haus yang meningkat, selain itu badan kita juga akan terasa mudah lelah disertai dengan menurunnya berat badan dan kita akan lebih sering buang air kecil. Adapun penyakit diabetes melitus tipe 2 ini umumnya bisa kita temui pada seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang mana ini disebabkan karena tingginya kadar lemak di dalam tubuh, terutama di area perut yang memang sering kali menyebabkan tubuh kita menjadi resisten karena pengaruh dari hormon insulin. Jadi bagi penderita diabetes melitus tipe 2 ini untuk memperbaiki resistensi insulin memang harus dilakukan dengan cara menurunkan berat badan,  hal ini berbeda dengan jenis diabetes tipe 1 yang mana biasanya masih dapat dikendalikan dengan melakukan injeksi insulin secara teratur pada tubuh.

Penyebab diabetes melitus tipe 2


Untuk penyakit diabetes melitus tipe 2 ini memang biasanya akan menyerang kalangan dewasa, tentu ini berbeda dengan diabetes melitus tipe 2 yang mana kebanyakan justru di alami oleh remaja ataupun anak-anak. Lantas apa saja faktor penyebab diabetes melitus tipe 2 ini ?

  • Faktor genetik

Jadi faktor genetik atau keturunan ini memang bisa menjadi salah satu penyebabnya. Biasanya seseorang akan menderita penyakit ini apabila memiliki keluarga yang juga mengidap penyakit tersebut atau setidaknya mempunyai masalah kesehatan yang masih berkaitan dengan diabetes, misalnya saja seperti hipertensi ataupun kelebihan berat badan. Dengan demikian bisa kita katakan seseorang yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit ini maka persentase untuk mengidap juga akan lebih besar. Jadi upaya yang bisa kita lakukan untuk tindakan pencegahannya adalah dengan menerapkan gaya hidup dan kebiasaan yang sehat.

  • Faktor lingkungan

Selain faktor genetik, ternyata secara tidak langsung faktor lingkungan juga memiliki peran yang juga dapat mengarahkan kita untuk mengidap penyakit diabetes tersebut. Contohnya saja seperti gaya hidup ataupun pola makan yang buruk. Sebab kebanyakan orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi itu tentunya juga akan lebih berisiko lebih tinggi untuk terkena diabetes. Sedangkan untuk pola hidup yang tidak baik seperti tekanan mental atau stres ataupun rasa khawatir yang berlebih juga dapat menjadi faktor penyebab terkena penyakit diabetes tipe 2 ini.


Oleh karena itu agar kita tetap sehat dan tentunya terhindar dari penyakit diabetes melitus tipe 2, maka kita sudah seharusnya beralih dan menerapkan pola hidup sehat serta selalu memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Sebab semua penyakit itu pada dasarnya berawal dari kebiasaan dan juga makanan apa yang kita makan. Dengan demikian kita menjadi tahu betapa pentingnya menerapkan hidup sehat.

No comments:

Post a Comment