Wednesday, May 14, 2014

5 Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal

Blog Dokter - Faktanya tubuh manusia memilki 2 organ ginjal yang mana berfungsi sebagai saluran pembuangan pada tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, ginjal pun berfungsi untuk membersihkan darah. Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada fungsi ginjal sehingga ginjal tidak mampu menjankan fungsinya dengan baik. Karena ginjal berfungsi untuk membersihkan darah, jadi ketika ginjal mengalami gangguan, proses cuci darah pun tidak berjalan dengan lancar di dalam tubuh. Maka dari itu seorang pasien gagal ginjal diharuskan untuk melakukan cuci darah. Gejala dan penyebab gagal ginjal bisa apa saja, tergantung dari riwayat kesehatannya, untuk lebih lengkapnya simak dengan seksama, di bawah ini:

5 Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal

Gagal Ginjal
Ilustrasi mengalami gejala gagal ginjal

1. Penyakit kronis
Tidak hanya menyulitkan pasiennya, karena harus bisa menahan keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis, pasien diabetes pun beresiko lebih besar untuk terserang penyakit gagal ginjal. Selain diabetes, Anda yang memilki tekanan darah tinggi pun memiliki resiko yang sama besarnya, oleh karena itu, jagalah konsumsi makanan Anda, hindari makanan dan minuman yang terlalu manis, coba untuk menahan diri agar tidak marah yang dapat memicu tensi darah naik.

2. Overdosis obat-obatan
Kemungkinan besar mereka yang mengalami overdosis obat-obatan meninggal karena gagal ginjal atau penyakit kronis lainnya. Konsumsi obat-obatan dalam jumlah yang sangat besar merupakan racun bagi tubuh beserta organ yang terdapat di dalamnya. Sebenarnya penyebab gagal ginjal ini bisa Anda hindari dengan mudah, bila Anda stres atau kurang tidur, cobalah untuk tidak mengkonsumsi banyak obat untuk mengatasinya, hindari juga pemakaian obat-obatan terlarang.

3. Kerapkali buang air kecil
Setiap pasien memilki gejala dan penyebab gagal ginjal yang berbeda-beda, oleh karenanya cara pemulihannya pun berbeda, harus dilihat dari penyebabnya terlebih dahulu. Sering sekali ke toilet untuk buang air kecil atau malah sebaliknya adalah gejala awal seseorang terkena penyakit gagal ginjal. Meski pun hal itu bisa saja terjadi, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter untuk hasil yang lebih akurat.

4. Tidak nafsu makan
Banyak sekali penyakit ringan atau penyakit kelas berat yang diawali dengan gejala nafsu makan berkurang, supaya lebih cepat mengetahui kebenaran penyakitnya, Anda bisa konsultasikan pada dokter dan melakukan berbagai tes yang tentunya disarankan oleh dokter tersebut.

5. Mudah kehausan
Gejala dan penyebab gagal ginjal selanjutnya, bisa Anda rasakan jika secara kebetulan Anda mendadak suka sekali merasa cepat haus, bawaannya selalu ingin minum air padahal baru beberapa saat yang lalu Anda minum air putih. Kondisi ini disebabkan karena penurunan fungsi ginjal, namun untuk diagnosa yang lebih tepat lagi, Anda patut menjalankan tes kesehatan di rumah sakit. Warna urin yang terlihat berwarna keruh, hampir serupa dengan warna teh bisa menjadi petunjuk lain jika ada masalah pada kesehatan ginjal Anda.

Nah, Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat mengetahui gejala dan penyebab gagal ginjal dan dapat mengambil langkah yang baik untuk kesehatan ginjal anda.

No comments:

Post a Comment