Wednesday, May 14, 2014

Bahaya Radiasi Ponsel Terhadap Kesehatan Manusia

Bahaya Radiasi Ponsel | Seperti yang kita tahu bahwa untuk saat ini ponsel handphone sudah bukan menjadi barang mewah dan hampir dimiliki oleh semua orang. Hal ini disebabkan peran dari handphone sendiri sangat penting untuk berkomunikasi satu sama lain. Akan tetapi tahukah anda bahwa ketika kita menggunakan handphone, hampir 70% - 80% energi negatif yang dipancarkan oleh handphone akan diserap oleh kepala kita. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh handphone dalam keadaan aktif (saat melakukan panggilan), ternyata mampu mematangkan telur yang masih mentah sekalipun dalam waktu 65 menit. Tentu penyerapan radiasi dalam jangka panjang yang kita alami juga bisa merusak struktur DNA.

bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan

Bahasa radiasi ponsel bagi kesehatan tubuh


Nah selain bahaya yang sudah disebutkan di atas ada pula beberapa bahaya lain yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan kita, antara lain :

Berisiko kanker otak
Pernahkah anda menelepon selama berjam-jam? atau kebiasaan meletakkan ponsel di samping bantal ketika tidur? Nah, sebaiknya kebiasaan yang demikian ini harus segera dirubah. Sebab Badan International penelitian kanker di Lyon, Paris. Mengatakan bahwa intensitas penggunaan ponsel di area kepala untuk waktu yang relatif lama bisa memicu munculnya zat yang bisa menyebabkan kanker, terutama kanker otak. Demikian ini dikarenakan medan elektromagnetik dari radiasi ponsel akan diserap oleh kepala dan diteruskan ke sel otak hingga mengenai DNA dalam sel.

Memicu kanker payudara
Apabila kita terbiasa meletakkan ponsel di saku, tentu itu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Sebab radiasi microwave yang dihasilkan dari sebuah ponsel bisa mengenai jaringan lemak pada payudara.

Risiko pada ibu yang sedang hamil
Adapun risiko yang bisa didapat oleh ibu hamil apabila terkena radiasi ponsel untuk jangka waktu tertentu dapat berdampak negatif pada otak bayi dan bahkan juga besar kemungkinan akan berisiko terkena ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jadi ADHD ini adalah gangguan perkembangan yang mana bisa menyebabkan aktivitas anak menjadi cenderung berlebihan.

Risiko pada anak
Berdasarkan laporan dari International EMF mengatakan bahwa adanya kemungkinan terkena kanker pada anak akibat terstimulasi penggunaan ponsel. Oleh sebab itu sangat disarankan kepada anda supaya lebih memperhatikan anak ketika menggunakan ponsel, sebab jaringan otak mereka masih dalam tahap perkembangan.


Cara Mencegah Atau Mengatasi Radiasi Ponsel


Nah, setelah mengetahui apa saja bahaya dari radiasi ponsel. Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mencegah radiasi ponselsehingga tidak akan mengganggu kesehatan kita. Untuk lebih jelasnya perhatikan informasi berikut :

  • Jangan menggunakan handphone ketika sinyal lemah karena handphone akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan koneksi dan itu akan menciptakan radiasi yang lebih besar.
  • Coba batasi penggunaan ponsel seperlunya saja
  • Ketika ponsel menyala, maka jangan menyimpannya di dekat tubuh kita. Sebab badan kita ini bisa menyerap radiasi yang nantinya akan membahayakan tubuh.
  • Atur ke mode offline ketika ponsel sudah tidak digunakan (pada malam hari).
  • Jangan menelepon terlalu lama dan sebaiknya gunakan headphone agar radiasi ponsel tidak langsung ke kepala.
  • Jangan meletakkan ponsel di saku celana, sebab ini bisa mengganggu organ reproduksi.
  • Jangan meletakkan ponsel di dekat kepala ataupun bantal ketika tidur. Ada baiknya letakkan di meja ataupun tempat yang setidaknya jaraknya 1 meter dari kita.

Jadi itulah bahaya radiasi ponsel yang selama ini kurang kita sadari. Oleh sebab itu mulai dari sekarang sebaiknya kita bisa menjadi pengguna ponsel yang pintar, sehingga penggunaan ponsel yang kita lakukan tidak akan membahayakan diri kita sendiri dari segi kesehatan.

No comments:

Post a Comment