Monday, May 26, 2014

Manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang belum anda ketahui

Khasiat jantung pisang | Pisang adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis seperi Indonesia, adapun buah pisang yang telah matang sendiri banyak dikonsumsi oleh semua orang. Tidak hanya itu saja, hampir semua bagian dari pisang sebenarnya bisa kita manfaatkan, jadi selain daging buahnya juga ada bagian dari pisang yaitu jantung pisang yang mana ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat jantung pisang bagi kesehatan

Perlu anda ketahui bahwa buah pisang merupakan buah yang sangat digemari karena daging buahnya mengandung kalori yang sangat baik untuk kesehatan. Demikian juga dengan jantung pisang yaitu memiliki nilai gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun harga dari jantung pisang lebih murah, akan tetapi jangan pernah meremehkannya. Sebab secara klinis pun juga telah terbukti akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja khasiat dari jantung pisang ?

Jadi ternyata setiap 25 gram jantung pisang itu terkandung 1,2 gram senyawa protein, 31 kkal, 0,3 gram lemak serta 7,1 gram karbohidrat. Di samping itu dalam jantung pisang juga terdapat zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, C dan juga mineral. Bahkan jantung pisang juga disebut-sebut sebagai makanan yang mempunyai kandungan nutrisi paling lengkap apabila kita bandingkan dengan bahan makanan lainnya.  Nah, untuk mengetahui lebih banyak manfaatdari jantung pisang bisa anda simak ulasan berikut :

  • Jantung pisang sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang tengah menjalani diet. Hal ini dikarenakan kandungan lemak di dalamnya cukup rendah dan memiliki serat yang baik sehingga bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi. Selain itu kandungan fiber di dalamnya juga mampu memperlancar pencernaan.
  • Jantung pisang baik untuk penderita diabetes. Jadi kandungan indeks glimik yang ada di dalamnya tergolong rendah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.
  • Mampu menangkal serangan stroke. Selain itu juga bisa memperlancar siklus darah karena jantung pisang sendiri juga bersifat anti-koagulan yang mana bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah.
  • Mampu mengikat lemak dan juga kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan melalui feses.

Jadi meskipun semua tanaman pohon pisang dapat memproduksi jantung pisang, tapi sebaiknya pilihlah jantung pisang dari jenis pisang yang enak untuk dikonsumsi seperti halnya pisang kepok, klutuk, siam dan pisang batu. Adapun jenis-jenis pohon pisang tersebut mempunyai rasa yang lebih enak dan gurih karena mengandung senyawa protein yang lebih tinggi. Nah, dengan begitu mulai sekarang anda bisa lebih mempertimbangkan untuk memanfaatkan jantung pisang sebagai variasi menu sehari-hari.

No comments:

Post a Comment