Sunday, January 5, 2014

Tanda Awal Kehamilan


Tanda awal kehamilan adalah salah satu hal yang paling dinanti oleh semua wanita terutama bagi pasangan muda yang ingin segera mempunyai seorang buah hati. Adapun kehamilan sendiri menandakan bahwa antar kedua pasangan suami istri tersebut mempunyai tingkat kesuburan yang baik dan berarti mereka tidak mempunyai masalah dalam kesuburan. Selain itu dengan adanya tanda kehamilan tersebut juga menandakan bahwa hadirnya sang buah hati tinggal menunggu waktu, dengan begitu keluarga akan terasa semakin lengkap karena telah memiliki anggota keluarga yang lengkap.

tanda awal kehamilan

PERMASALAHAN AKIBAT KETIDAKTAHUAN TANDA AWAL KEHAMILAN


Akan tetapi, banyak di antara wanita juga belum mengetahui dengan pasti mengenai tanda awal kehamilan ini. Terkadang mereka masih merasa bingung antara membedakan tanda kehamilan yang sebenarnya dengan tanda akan datangnya menstruasi. Sebab, ada beberapa kasus mengatakan bahwa tanda kehamilan itu umumnya memang mirip dengan tanda akan datangnya menstruasi. Nah, ketidaktahuan inilah yang biasanya menyebabkan terjadinya beberapa kasus seperti keguguran. Demikian itu umumnya disebabkan oleh konsumsi ataupun aktivitas yang seharusnya tidak boleh dilakukan dalam masa tersebut, padahal sebenarnya dia telah mengalami kehamilan. Selain itu ketidaktahuan akan pertanda tersebut juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi mengabaikan persiapan dalam menyongsong kehamilan secara matang. Dan sebaliknya, ada pula keluarga yang stres karena adanya tanda-tanda yang dikiranya sebagai sebuah tanda kehamilan, nyatanya sesudah melakukan beberapa kali cek kehamilan ternyata hasilnya justru negatif. Tentu bayangan serta dambaan akan kehamilan yang sudah lama mereka tunggu harus sirna.

BEBERAPA TANDA AWAL KEHAMILAN


Kadang kebanyakan perempuan hanya melihat tanda awal kehamilan dengan terlambatnya menstruasi saja. Meskipun memang betul tandanya seperti itu, tapi keterlambatan menstruasi juga terkadang tidak hanya disebabkan oleh terjadinya kehamilan saja melainkan ada beberapa faktor yang juga bisa mempengaruhi seperti pola makan, kelelahan, stres maupun gangguan hormonal lainnya. Nah, agar kita bisa memastikan lebih jelas lagi maka cermati juga tanda awal kehamilan yang lainnya seperti berikut :

  • Adanya perubahan pada payudara

Apabila sedang terjadi kehamilan, biasanya payudara akan mulai membesar. Demikian ini dikarenakan semakin meningkatnya produksi hormon progesteron dan esterogen. Selain itu, payudara juga akan terasa lebih lembut serta terasa sangat sensitif dan bahkan akan terasa nyeri ketika dipegang. Sementara kondisi puting susu juga ikut membesar serta warnanya menjadi gelap, terkadang juga disertai rasa gatal.

  • Adanya flek atau bercak darah yang diikuti dengan kram perut

Jadi sebelum menstruasi umumnya akan muncul bercak darah dan ini biasanya terjadi pada 8 sampai 10 hari setelah ovulasi. Adapun bercak tersebut disebabkan oleh menempelnya embrio di dinding rahim. Akan tetapi terkadang justru itu di salah artikan sebagai menstruasi. Di samping itu, bersamaan dengan keluarnya bercak tersebut biasanya diikuti dengan kram perut. Jadi kram tersebut akan terus dirasa secara teratur dan berlanjut hingga kehamilan trimester kedua.

  • Mual dan muntah

Ini merupakan tanda awal kehamilanyang hampir dialami oleh semua perempuan dan kebanyakan dirasakan pada pagi hari. Pemicunya sendiri adalah karena meningkatnya hormon secara tiba-tiba di dalam aliran darah. Jadi hormon yang dimaksud itu adalah HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) dan peningkatan hormon tersebut juga biasa terjadi pada saluran air kencing.  Oleh sebab itu, alat test pack kehamilan bisa dilakukan dengan media air seni. Di samping itu adanya peningkatan hormon tersebut juga mengakibatkan efek yang pedih di lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Akan tetapi rasa mual tersebut akan menghilang jika sudah memasuki masa kehamilan trimester kedua.

  • Sering buang air kecil

Apabila anda mulai terlambat haid hingga 2 minggu, maka keinginan untuk kencing biasanya menjadi lebih sering. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan janin pada rahim mulai menekan kandung kemih dan juga akibat dari peningkatan sirkulasi darah. Di samping itu kandung kemih juga akan lebih cepat penuh dengan urine. Jadi jangan sampai kita menahan ataupun membatasinya.

  • Sakit kepala dan pusing

Tanda awal kehamilan berikutnya adalah pusing ataupun sakit kepala. Jadi sakit ini dirasakan oleh ibu hamil dan umumnya dikarenakan oleh beberapa faktor seperti mual, lelah, lapar maupun tekanan darah rendah. Sementara untuk penyebabnya sendiri yaitu faktor emosional seperti depresi maupun perasaan yang tegang. Di samping itu adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh bisa juga menyebabkan pusing terutama ketika berubah posisi.

  • Mengantuk dan rasa lelah berlebihan

Rasa kantuk dan lelah ini umumnya disebabkan oleh adanya perubahan hormonal dan juga akibat dari kinerja organ vital yang semakin bertambah berat. Jadi organ-organ vital tersebut tidak hanya mencukupi keperluan ibu saja, melainkan juga bagi pertumbuhan janin di dalam rahimnya. Adapun semakin bertambahnya usia kehamilan tentunya perut ibu juga akan semakin membesar dan memberikan beban tersendiri.

  • Sembelit

Jadi sembelit itu disebabkan karena hormon ptogesterone yang semakin meningkat. Sehingga hormon tersebut akan mengendurkan otot rahim serta bisa mengendurkan otot dinding usus dan kemudian menyebabkan susah buang air besar atau sembelit. Akan tetapi ada juga keuntungan yang didapat dari kondisi ini yaitu bisa memaksimalkan penyerapan.

  • Sering meludah

Tanda awal kehamilan ini disebabkan oleh pengaruh dari perubahan hormon esterogen dan umumnya terjadi ketika masa kehamilan pertama. Adapun kondisi ini lambat-laun juga akan menghilang terutama ketika sudah memasuki trimester kedua.

  • Naiknya temperatur basal tubuh

Apabila sedang terjadi kehamilan, maka suhu basal tubuh seorang ibu juga akan semakin meningkat. Selain itu kondisi ini juga akan terus bertahan selama terjadinya kehamilan hingga melahirkan.

Jadi tanda awal kehamilan tersebut sifatnya pribadi, sehingga tidak semua perempuan mutlak mempunyai tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan di atas. Setelah mengetahui secara pasti bahwa dirinya tengah mengandung, maka mereka juga harus mengetahui bagaimana tips menjaga kesehatan kehamilan seperti yang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Adapun setiap orang memang memiliki tanda yang bervariasi, akan tetapi jika anda mengalami beberapa hal tersebut maka bisa dipastikan itu memang merupakan tanda awal kehamilan.

No comments:

Post a Comment