Saturday, January 4, 2014

Penyebab dan Gejala Sakit Kepala


Penyebab dan gejala sakit kepala pada umumnya bisa diketahui sejak dini apabila kita waspada dan sadar akan hal itu. Padahal, hampir semua orang tentu pernah yang namanya terserang sakit kepala baik itu yang ringan maupun berat. Untuk sakit kepala ringan, mungkin hanya dengan meminum obat penghilang rasa sakit bisa segera menghilang. Akan tetapi untuk sakit kepala berat justru bisa mengakibatkan seseorang merasa pusing dan bahkan hingga tidak sadarkan diri. Oleh sebab itu, kita patut berhati-hati apabila terserang sakit kepala berkepanjangan dan semakin hari semakin parah. Segeralah untuk memeriksakannya ke dokter karena dikhawatirkan ada penyakit yang lebih serius sehingga bisa dilakukan tindakan pengobatan sejak dini.

penyebab dan gejala sakit kepala


PENYEBAB SAKIT KEPALA


Jadi baik itu sakit kepala yang ringan maupun yang berat, penyebab dan gejala sakit kepala utamanya pun tidak jauh berbeda. Nah, apa saja penyebab tersebut, perhatikan ulasan berikut :

  • Kurang tidur

Mungkin bagi anda yang kerap begadang dan bangun pagi-pagi, hal ini tentu membuat waktu tidur anda menjadi berkurang. Jadi inilah salah satu faktor penyebab terjadinya sakit kepala karena tubuh kita menjadi tidak fit sehingga kita juga akan mudah sakit. Oleh sebab itu upayakan untuk beristirahat dengan cukup setiap harinya.

  • Kurang darah

Terjadinya anemia atau kurangnya darah merah ini juga dapat mengakibatkan suplai oksigen dari dalam darah ke otak semakin berkurang, sehingga kerap kali hal ini menimbulkan rasa kantuk maupun sakit kepala.

  • Depresi dan stres

Apabila pikiran kita terlalu tegang dan stres, maka demikian itu bisa memicu terjadinya tekanan pada otak sehingga bisa berakibat sakit kepala. Ini kerap kali dialami oleh mereka yang terlalu banyak memikirkan pekerjaan maupun tugas-tugas lainnya.

  • Adanya gangguan pada jantung

Seperti yang kita tahu, ternyata sakit kepala itu juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung yang biasanya dikarenakan asupan darah menuju jantung tersebut tidak teratur.

  • Kolesterol

Selain anemia, kadar kolesterol maupun gula darah yang berlebih pada tubuh juga  bisa mengakibatkan terjadinya sakit kepala karena membuat aliran darah menjadi terhambat.

  • Gejala stroke

Rasa sakit yang ditimbulkan ketika sakit kepala itu juga bisa menjadi pertanda bahwa awal terjadinya stroke. Akan tetapi yang dimaksud sakit kepala di sini adalah sakit kepala yang berkepanjangan. Oleh sebab itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter.

  • Sakit gigi

Pernahkah anda mengalami permasalahan pada gigi dan ditengarai dengan sakit kepala. Nah, jadi mengapa hal tersebut bisa terjadi karena syaraf pada gigi itu terhubung ke bagian saraf kepala sehingga salah satu penyebabnya bisa dikarenakan oleh adanya gangguan pada gigi.

  • Posisi kepala dan leher yang tidak nyaman

Apabila kita terlalu lama di depan komputer dengan posisi kepala menunduk ataupun mengangkat telepon dengan menjepitnya di antara kepala dan bahu, maka aktivitas seperti ini juga sebagai pemicu terjadinya sakit kepala akibat posisi leher dan kepala yang salah.

  • Beban berat di pundak

Bagi mereka yang kerap membawa tas yang berat ataupun mereka yang pekerjaannya mengharuskannya untuk mengangkat sesuatu menggunakan bahu, tentu mereka akan lebih kerap merasakan sakit pada kepala karena demikian itu bisa membuat otot pundak menjadi kaku sehingga otot-otot saraf kepala juga ikut tertarik.

  • Banyak mengonsumsi minuman berkafein

Terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein memang merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Jadi sebaiknya minumlah kopi tanpa kandungan kafein.


GEJALA SAKIT KEPALA


Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab pemicu terjadinya sakit kepala, tentunya kita juga haru mengetahui seperti apa gejala yang bisa dirasakan. Langsung saja simak informasinya seperti di bawah ini :

  • Jadi rasa sakit yang timbul biasanya dimulai dari leher atas hingga ke bagian belakang kepala, adapun rasanya seperti tertekan dan mendesak.
  • Biasanya sakit yang dirasakan itu bisa digambarkan sebagai tekanan melingkar dan yang paling kuat terasa di  atas alis.
  • Rasa nyeri yang dihasilkan ringan, akan tetapi cukup mempengaruhi kedua sisi kepala.
  • Biasanya diiringi dengan rasa mual, muntah maupun lebih sensitif terhadap suara dan cahaya.
  • Adapun rasa sakit dirasakan secara spontan (tanpa pola), akan tetapi bisa terjadi sangat sering jika sudah cukup parah.
  • Meskipun sakit kepala fungsi tubuh tetap berjalan normal, hanya saja terkadang membuat kita menjadi kurang keseimbangan.

Sakit kepala memang merupakan penyakit yang cukup serius mengingat sakit tersebut bisa memicu praduga terhadap adanya beberapa penyakit parah lainnya. Sebagai tempat koordinasi seluruh tubuh, tentu apabila mengalami gangguan di bagian tersebut kita harus segera mengobatinya. Adapun anda juga bisa membaca caramengobati sakit kepala secara alami yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Jadi itulah sedikit informasi yang perlu untuk anda ketahui seputarpenyebab dan gejala penyakit sakit kepala.


No comments:

Post a Comment