Wednesday, January 22, 2014

Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung koroner


Jantung koroner merupakan sebuah penyakit mematikan yang banyak menyerang manusia khususnya di Indonesia. Adapun penyakit ini terjadi dikarenakan terdapat penyumbatan pada dinding nadi koroner akibat adanya endapan kolesterol dan lemak sehingga mengakibatkan terganggunya pasokan darah ke seluruh tubuh. Di samping itu beberapa kebiasaan seperti pola makan, pola hidup maupun stres juga bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner ini.

Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung koroner


PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG KORONER


Tidak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit lainnya, jantung koroner juga memiliki beberapa penyebab yang dapat memicu seseorang bisa terserang penyakit ini. Nah, apa saja penyebab penyakit jantung koronertersebut ? Simak ulasannya berikut ini.

  • Kadar kolesterol yang tinggi


Salah satu penyebab dari jantung koroner yaitu adanya endapan lemak di dinding arteri koroner, jadi endapan tersebut terdiri atas kolesterol dan juta zat buangan lainnya. Oleh sebab itu untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner maka kita harus menjaga kadar kolesterol dalam darah. Perlu anda ketahui, kolesterol itu merupakan senyawa lemak kompleks yang dapat dihasilkan oleh tubuh serta mempunyai manfaat dalam membentuk hormon dan dinding sel. Adapun dua pertiga dari kolesterol yang diproduksi itu berasal dari hati, sementara sepertiganya dihasilkan langsung dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol sendiri di edarkan melalui molekul lipoprotein dan lipoprotein ini juga dibagi dalam dua jenis yaitu High Density Lipoprotein (HDL dan Low Density Lipoprotein (LDL).

penyempitan arteri koroner


  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)


Jadi tekanan darah yang tinggi ini dapat menambah kinerja jantung kita, sehingga dinding jantung akan menebal dan ini tentu meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Di sini terdapat 2 pengukuran tekanan darah yaitu sistolik dan diastolik. Tekanan sistolik yaitu tekanan yang keluar dari jantung ke seluruh tubuh, sementara tekanan distolik yaitu tekanan darah yang kembali dan mengisi jantung. Secara normal, seseorang akan dikatakan terkena darah tinggi apabila tekanan darah sistolik dan diastoliknya lebih dari 140/90 mmHg.

  • Trombosis


Jadi trombosis merupakan gumpalan darah pada pembuluh vena atau arteri. Apabila trombosis ini ada pada pembuluh arteri koroner, jelas ini sangat berisiko terkena penyakit jantung koroner. Biasanya trombosis ini akan berada pada dinding pembuluh yang menebal akibat aterosklerosis. Salah satu penyebab yang bisa meningkatkan risiko trombosis ini sampai berkali lipat adalah kebiasaan merokok.

  • Kegemukan (Obesitas)


Kelebihan berat badan memang menjadi permasalahan di era modern saat ini yang semua kegiatan serba dimudahkan sehingga seseorang akan jarang atau malas beraktivitas. Padahal kalau anda tahu, obesitas ini juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi. Di samping itu orang yang gemuk juga cenderung mempunyai kadar LDL tinggi.

  • Diabetes mellitus


Risiko terkena penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh penyakit diabetes, apalagi jika kadar gula dalam darah tidak dapat dikontrol dengan baik. Bahkan dua pertiga dari penderita diabetes meninggal karena penyakit jantung maupun gangguan kardiovaskuler lainnya.

  • Penuaan


Seiring dengan bertambahnya usia, maka efektivitas organ-organ tubuh juga semakin menurun, termasuk sistem kardiovaskuler. Adapun laki-laki akan lebih rentan terkena jika dibandingkan dengan perempuan apalagi jika sudah berusia lebih dari 60 tahun.

  • Keturunan


Seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, maka keturunannya juga akan lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Apalagi jika sudah menginjak usia 60 tahun.

GEJALA PENYAKIT JANTUNG KORONER


Kita memang harus waspada terhadap penyakit yang satu ini, sebab ini termasuk dalam penyakit yang bisa mengancam jiwa seseorang. Nah selain mengetahui apa saja penyebabnya, kita juga harus mengetahui apa saja gejala penyakit jantung koroner itu sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa gejala seperti di bawah ini.

  • Terasa nyeri di bagian dada sebelah kiri hingga sulit bernafas
  • Akan sering mengalami sesak nafas
  • Detak jantung menjadi tidak beraturan
  • Sering keringat dingin
  • Merasa mual dan muntah


Jadi itulah informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit jantung. Bagi anda yang menderita penyakit jantung koroner, maka anda juga bisa membaca artikel cara mengobati penyakit jantungsecara alami. Dengan begitu selain terus menjaga pola makan juga anda pengobatan alami yang bisa menyembuhkan dan kembali menyehatkan jantung anda.

No comments:

Post a Comment