Saturday, December 20, 2014

Negara- Negara di Benua Asia

Benua asia merupakan benua terbesar dengan populasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,9% permukaan bumi. Secara Astronomis, benua asia terletak pada 1°15’-77°45’  dan garis 26°04 BT-169°40’BB. adapun Batas - batas Benua Asia adalah sebagai berikut :
  • Sebelah Timur : Samdra Pasifik dan Benua Amerika
  • Sebelah Timur Laut : Selat Bering dan laut Bering
  •  Sebelah Barat : Benua Eropa
  • Sebelah Utara  : Laut Arktik
  • Sebelah Selatan : Samudera Hindia
  • Sebelah tenggara : Benua Australia

Wilayah Asia merupakan Benua Asia di tambah Kepulauan di sekitar Samudera Hindia dan Pasifik. Menurut letaknya, negara - negara di asia terbagi menjadi lima kawasan, yaitu Kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Timur dan Asia Barat. Namun ada beberapa negara yang sebetulnya masuk ke wilayah Asia barat, tetapi disebut daerah Timur Tengah. Negara - negara yang mendiami kawasan Timur Tengah adalah Arab saudi, Uni Emirat Arab ,Iran, Irak, Kuwait, Bahrain, Yaman Suriah, Qatar, Yordania, Lebanon Palestina, dan Israel.

1. Asia Barat
Secara lengkap negara - negara yang mendiami Asia barat adalah Yordania, Turki, Siprus, Qatar, lebanon, oman, palestina, suriah, uni Emirat Arab, Yaman, Irak, Iran,Quwait, Israel,Arab Saudi, Afganistan, Azerbaijan, Armenia, Bahrain, dan Georgia.
Berkas:Western Asia (orthographic projection).svg


                                               Asia Barat

Asia Tenggara
Sementara itu, negara - negara yang ada di Asia Tenggara adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Myanmar, Kampuchea, Laos, Vietnam, Thailand, dan Timor Leste.
 
                                        peta Asia Tenggara

Asia Timur dan Asia Selatan
Negara - negara di kawasan Asia timur adalah Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Mongolia, Republik Rakyat Cina, Macau dan Taiwan. Negara - negara di kawasan Asia Selatan adalah India Pakistan, Bangladesh, Bhutan Maladewa, Srilangka dan Nepal.
 
negara - negara Asia Selatan

Asia Tengah
Negara - negara di asia Tengah adalah Kazakhastan,Kirgizia,Uzbekistan,Turkmenistan.














Benua Asia memiliki kenampakan pegunungan yang memanjang mulai dari Asia Bagian Selatan diantaranya pegunungan Himalaya yang memiliki puncak tertinggi di dunia, puncak tertinggi tersebut bernama Mount Everest dengan ketinggian 8,848 meter. deretan pegunungan tersebut membentang sampai wilayah pasifik

No comments:

Post a Comment