Friday, August 28, 2015

TAHUKAH ANDA ( JILID 2 )



1)   Tahukah anda, berasal dari manakah makanan French Fries ?
JAWAB : Jika anda menjawab pasti anda menjawab Prancis karena terdapat kata ‘French’ yang artinya Prancis. Salah!!!!!!
Karena makanan French Fries berasal dari Belgia. Ketika Perang Dunia II, Prancis berhasil menduduki Belgia tahun 1943 dan mereka membawa 1 ton kentang dari Prancis. Karena kentangnya masih mentah, mereka membuat makanan dari kentang dan jadilah makanan ‘French Fries’.
2)   Tahukah anda, siapakah raja termuda di dunia dalam memimpin sebuah kerajaan ?
JAWAB : Yaitu Raja Tutan Khamun dari Kerajaan Mesir Kuno, yang memerintah selama 10 Tahun. Ketika itu, ia masih berumur 9 tahun (tetapi karena masih kecil, baru pada usia 12 tahun ia mulai memerintah kerajaan).
3)   Tahukah anda, perang apakah yang terlama di dunia ?
JAWAB : Yaitu Perang Salib yang memakan waktu selama 2 abad     (1035 – 1291), dimana pada saat itu terjadi peperangan antara Umat Kristen (berpusat di Romawi) dan Umat Islam (berpusat di Turki) untuk memperebutkan 2 wilayah yaitu Yerussalem dan  Konstantinopel. Peperangan itu dimenangkan oleh Umat Islam dengan menguasai daerah tersebut dan mengakibatkan Umat Kristen mencari daerah lain untuk dijajah.
4)   Tahukah anda bahwa mengapa di Negara Suriname terdapat 40 % orang Indonesia (khususnya Orang Jawa) dan bahasa Jawa ditetapkan sebagai bahasa nasional kedua di negara tersebut ?
JAWAB :  Ketika sistem Tanam Paksa ( 1830-1870), Belanda ingin menambah pasokan bahan makanan untuk negaranya. Karena di Indonesia yang memiliki banyak penduduk (khususnya di Pulau Jawa) dibawa ke Suriname (negara jajahan Belanda selain Indonesia) untuk melakukan eksploitasi bahan makanan. Ketika zaman Penjajahan Belanda berakhir, orang Jawa di Suriname ingin pulang ke negerinya. Tetapi karena tidak ada ongkos serta jarak dari Suriname ke Indonesia yang sangat jauh, maka mereka menetap di Negara Suriname. Saking banyaknya penduduk Jawa di Suriname, maka bahasa Jawa ditetapkan sebagai bahasa nasional kedua di negara tersebut..
5)    Tahukah anda negara manakah yang pertama kali menggunakan istilah ‘tato’ sebagai seni ?
JAWAB : Anda pasti menjawab negara Inggris, karena di negara inilah tato dipopulerkan di dunia. Selain itu, tato dalam bahasa inggris adalah ‘tatoo’. SALAH!!!!!!!!!!  Karena negara yang pertama kali menggunakan istilah tato sebagai seni adalah negara Mesir. Sebenarnya dalam bahasa Mesir, tato disebut ‘tatuum’. Tato pertama kali digunakan pada saat pemerintahan raja Ramses II (Raja Fir’aun), sebagai sarana untuk mengagungkan raja yang telah membesarkan kerajaan Mesir Kuno 

No comments:

Post a Comment