Monday, December 14, 2015

Skala pH Asam Basa : pH Rendah Berarti Asam dan pH Tinggi Berarti Basa

Skala pH pada cairan yang ada di dalam ilmu sains adalah antara 0 sampai dengan 14.  Angka nol adalah batas minimum pada skala ph, dan angka 14 adalah bertindak sebagai batas maksimum, dengan angka skala 7 sebagai titik tengah (titik netral).  Semakin rendah suatu pH maka semakin asam suatu cairan.  Sedangkan semakin tinggi suatu pH maka semakin basa suatu cairan.  Angka skala pH 0 berarti suatu zat sangat asam, dan sebaliknya pH 14 berarti suatu zat sangat basa.

Contoh dari sesuatu yang asam-asam yaitu seperti air jeruk, air cuka dapur, dan lain sebagainya.  Sedangkan contoh dari sesuatu yang basa-basa itu seperti air sabun.  Untuk menentukan suatu zat adalah asam atau basa adalah dengan cara mencicipinya di dalam mulut kita.  Namun apabila tidak ingin mengetahui asam basa dengan cara mencicip, bisa dilakukan dengan cara kimiawi melalui alat ukur khusus.

Untuk melakukan pengecekan tingkat keasaman maupun tingkat kebasaan suatu cairan kita bisa menggunakan bantuan kertas lakmus.  Kertas lakmus adalah suatu jenis kertas yang digunakan sebagai indikator asam basa dari suatu cairan.  Cara menggunakan kertas lakmus untuk menguji tingkat keasaman maupun untuk menguji tingkat kebasaan dari suatu zat cair adalah dengan cara mencelupkan kertas lakmus tersebut ke dalam cairannya.  Untuk melakukan pengukuran asam basa dengan kertas lakmus, diperlukan jumlah sampel bahan yang diuji dalam bentuk cairan dengan jumlah yang memadai.

Jika setelah dilakukan uji asam basa kertas lakmus menunjukkan warna merah setelah dicelupkan, maka berarti cairan yang diperiksa adalah cairan asam dengan nilai pH di bawah 7.  Sedangkan jika kertas lakmus memperlihatkan warna biru setelah dicelupkan, maka berarti cairan tersebut merupakan cairan basa dengan skala pH di atas 7.  Kertas lakmus yang telah digunakan sebaiknya tidak dipergunakan kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam pengujian asam basa suatu cairan.  Anda dapat melakukan berbagai pengujian tingkat keasaman maupun pengujian tingkat kebasaan dari berbagai cairan yang anda temui di dalam kehidupan anda sehari-hari.

No comments:

Post a Comment