Sunday, September 15, 2013

Daftar Nama Tempat Wisata di Garut Jawa Barat

Daftar Nama Tempat Wisata di Garut yang berada tepat di provinsi Jawa Barat juga bermacam-macam dan beraneka jenis. Banyak juga dijumpai wisata alam yang juga sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang bisa mengobati rasa jenuh setelah menjalani kesibukan sehari-hari.

Kota Garut yang tidak jauh dari kota Bandung ini bisa dijadikan tujuan wisata di waktu liburan yang menyenangkan, jarak yang ditempuh pun tidak terlalu jauh misalkan anda juga berada di wilayah Jawa Barat, berbeda lagi jika anda berada di wilayah Jawa Timur maupun Jawa Tengah mungkin jarak yang ditempuh agak lumayan memakan waktu yang cukup lama.

Garut yang ber-ibukota Tarogong Kidul ini selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Dodol Garut juga memiliki beberapa objek wisata yang cukup terkenal di Indonesia seperti salah satunya yaitu gunung papandayan. Selain itu bisa juga ditemui objek wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi seperti yang tertera di bawah ini:

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje yang terletak di Desa Karyasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut ini juga memiliki keindahan yang menarik perhatian meskipun sebenarnya pantai ini belum sepenuhnya dikembangkan menjadi objek wisata, akan tetapi jika ingin menikmati keindahan alam seperti sunset di waktu sore, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan spot karena sunset yang tampak di pantai Karang Paranje ini sangat indah.

Daftar Nama Tempat Wisata di Garut Jawa Barat
Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah ini letaknya di Desa Sagara, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Pantai ini juga terbilang ramai pengunjung, dengan mengunjungi pantai tersebut para pengunjung bisa melakukan kegiatan wisata seperti menikmati pemandangan, berperahu, dan juga memancing. Untuk menuju ke pantai Cijeruk Indah bisa menggunakan fasilitas transportasi umum dari terminal terdekat seperti bus umum, bus kota, angkutan kota, dan juga bisa menggunakan jasa berupa ojeg.

Pantai Santolo
Kalau Pantai Santolo ini merupakan salah satu pantai di Garut yang sudah terkenal bahkan merupakan tujuan wisata favorit dan juga cukup dikenal oleh warga Bandung. Pantai yang terletak di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat ini merupakan daerah tempat wisata para wisatawan yang sedang menikmati suasana wisata dan juga merupakan tempat berkumpulnya para nelayan tradisional. Wisatawan yang berada di objek wisata tersebut bisa menikmati kuliner laut yang segar dan juga bisa membeli cinderamata untuk oleh-oleh yang tersedia di kios-kios di sekitaran pantai. Selain itu jika ingin bermalam di daerah wisata pantai Santolo juga terdapat beberapa penginapan untuk wisatawan yang ingin berwisata hingga berhari-hari.

Air Terjun Neglasari
Di objek wisata ini selain bisa menikmati keindahan air terjun yang indah juga bisa menikmati pemandangan di sekitar kebun teh karena memang posisi air terjun neglasari ini berada di lokasi perkebunan teh yang lebih tepatnya terletak di desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Objek wisata tersebut bisa ditempuh dari kota Garut membutuhkan waktu kurang lebih dua setengah jam.

Curug Orok
Curug Orok yang memiliki ketinggian 45m ini memang sudah menjadi objek wisata yang terletak di daerah Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut Jawa Barat. Menurut cerita masayarakat setempat, sejarah Curug Orok ini dulunya ada seorang wanita yang membuang bayinya dari atas curug tersebut karena itu dinamakan Curug Orok (Bahasa Sunda), Air Terjun Bayi (Bahasa Indonesia).

Curug Cihanyawar
Curug yang terletak di Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut Jawa Barat ini juga merupakan wisata alam air terjun yang memiliki ketinggian 16m. Curug ini juga berada di lokasi perkebunan teh yang mana berada di dekat perbatasan antara Garut dan Tasik.

Curug Cimandi Racun
Curug Cimandi Racun mempunyai sebutan lain yaitu Curug Cibuni Racun. Curug yang terletak di Desa Jangkurang Kecamatan Leles Kabupaten Garut ini teraliri air yang segar karena air yang terdapat di curug ini langsung dari mata air Cimalagiri di gunung Mandalawangi dan memiliki ketinggian sekitar 25m. Curug tersebut juga menjadi salah satu tujuan wisata air terjun yang cukup ramai pengunjung.

Situ Bagendit
Situ Bagendit ini merupakan objek wisata alam berupa danau yang terletak di Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Dengan mengunjungi tempat wisata di Situ Bagendit para wisatawan bisa melakukan kegiatan wisata seperti menikmati keindahan alam, berkeliling danau dengan menggunakan rakit atau perahu, dan bersepeda air atau kegiatan rekreasi keluarga lainnya seperti camping. Objek wisata Situ Bagendit memiliki daya tarik wisata alam yang memiliki kwalitas kebersihan lingkungan yang baik.

Gunung Papandayan
Di objek wisata gunung Papandayan ini selain bisa menikmati keindahan alam juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di wilayah gunung tersebut diantaranya yaitu kawah-kawah yang terdapat di gunung tersebut salah satunya yaitu kawah Papandayan, selain kawah juga ada tempat untuk wisata lainnya yaitu padang rumput Pondok Saladah dan Pemandian Air Panas. Di objek wisata gunung Papandayan bisa melakukan kegiatan wisata seperti memotret, menikmati keunikannya, mandi air panas, dan berkemah.

Candi Cangkuang
Candi yang ditemukan pada tahun 1966 ini juga merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di Kecamatan Leles Kabupaten Garut Jawa Barat. Cadi ini adalah candi yang pertama ditemukan di tatar Sunda dan merupakan satu-satunya candi Hindu di tatar Sunda.

Leuweung Sancang
Leuweung Sancang atau Hutan Sancang bisa dijadikan tempat wisata berupa hutan alami yang terletak di Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Objek wisata ini berjarak 2km dari pusat Kecamatan Pameungpeuk dan hutan Sancang ini merupakan salah satu cagar alam di Indonesia yang bertaraf internasional. Di objek wisata tersebut para pengunjung bisa melakukan kegiatan berkemah, menelusuri hutan, penelitian, memancing, tracking, memotret, dan kegiatan lainnya asal tidak merusak atau menggangu ekosistem hutan.

Itulah daftar nama tempat wisata di Garut provinsi Jawa Barat yang bisa kami tulis dan informasikan di blog ini, semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi pengunjung setia Blog Spot-Wisata.

No comments:

Post a Comment