Wednesday, September 4, 2013

Kebun Binatang Surabaya Akan Buka Malam Hari

TEMPO.CO, Surabaya- Untuk menjadikan Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi tempat wisata favorit di Kota Surabaya, Perusahaan Daerah Taman Satwa Kota Surabaya akan membangun undersea world (aquarium raksasa) dan night zoo. Direktur Utama PDTS Ratna Achjuningrum mengatakan, pembangunan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada tahun 2014.

"Tahap pertama, saat ini sudah dimulai, yaitu pembenahan kandang hewan," katanya kepada Tempo, di Kebun Binatang Surabaya, Selasa, 03 September 20013.

Ratna mengatakan, di tahap awal, semua kandang akan didesain seperti habitat aslinya, sehingga semua hewan bisa hidup nyaman, sehat dan bisa beradaptasi seperti di alam bebas. Menurutnya proses renovasi semua kandang hewan diharapkan akan rampung akhir  2013 ini.

Menurut Ratna, kandag-kandang hewan juga akan diperlebar, salah satunya kadang Harimau dan burung Pelikan. Untuk kandang Harimau, akan diperluas kurang lebih 10 meter. Di dalam kandang juga akan ditanami pohon yang ukurannya cukup besar sehiingga para harimau bisa bermain di atas pohon. Kandang juga akan ditanami rumput agar suasana kandang seperti di dalam hutan.



Sangkar burung Pelikan juga akan diperbesar. Di dalamnya dibuatkan kolam yang ukurannya besar, sehingga semua burung bisa mandi dengan bebas seperti di sungai. "Air yang kami gunakan untuk minum dan mandi hewan adalah air bersih, agar hewan-hewan KBS sehat semua, kalau dulu minumnya kan air dari sungai," ujarnya.

Untuk pembangunan tahap yang kedua, menurutnya adalah tahap perombakan wajah KBS yaitu memindah pintu masuk yang berada di sebelah utara ke sebelah selatan. Pintu KBS akan menghadap langsung ke terminal Joyo Boyo.Tempat parkir para pengunjung juga dipindah ke terminal Joyo Boyo, sehingga akses pengunjung menjadi lebih mudah.

Dalam tahap ini, PDTS juga akan membangun under sea world yang lokasinya ditempatkan di samping kiri pintu masuk KBS. Sekarang lokasi ini adalah tempat aquarium untuk ikan tawar dan laut. Sementara di sebelah kanan pintu masuk akan bibangun night zoo. "Kalau keduanya sudah jadi KBS akan dibuka sampai pukul 22.00 WIB," katanya.

Pembangunan sea world dan night zoo ditargetkan selesai pada 2014. Rancangan desainnya  sudah selesai dirancang oleh tim dari Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya. Ratna berharap pembangunannya diharapkan bisa dilakukan dalam waktu-waktu dekat ini.
Terkait dengan anggaran yang akan digunakan untuk untuk membangun dan merenovasi KBS, pemerintah Kota Surabaya mengucurkan dana sebesar Rp 60 Milyar. Tetapi dana tersebut akan diberikan kepada PDTS KBS secara bertahap.
ARIEF RIZQI HIDAYAT

No comments:

Post a Comment