Thursday, September 5, 2013

Siapa berani Main Flying Fox di Pantai Timang

Siapa berani Main Flying Fox di Pantai Timang

Mungkin belum banyak yang tahu kalau pantai timang yang berpasir putih lembut di gunungkidul ini selain terkenal dengan lobser juga terdapat permainan jembatan gantung yang biasa disebut oleh orang setempat dengan nama gondala kayu atau bahasa kerennya flying fox.

Sebenarnya kereta gantung atau flying fox ini awalnya hanya sebagai piranti para nelayan untuk menyeberang ke pantai panjang untuk menjalankan ritual rutin tiap hari menangkap lobser-lobser gemuk nan lezat seperti yang biasa dijual dipasaran bebas, maka instalasi flying fox yang dipergunakan juga terlihat sangat sederhana, karena tiang penyangganya terbuat dari kayu kayu kokoh sedang katrol atau penarik yang melilntasi tali tambang dibuat dari velg bekas semacam laker yang akan menggelinding dititian tambang yang akan menerbangkan penumpangnya dari pantai timang ke pantai panjang yang kalau kita amati bentuknya mirip penyu sipemalas yang sedang berjemur

Tidak seperti umumnya jalan menuju pantai pantai di gunungkidul yang mulus beraspal, sayangnya jalan menuju lokasi pantai timang ini tergolong masih kurang perhatian, Karena sebagian baru ada setapak cor beton. Kala Anda berniat menuju ke pantai timang ini disarankan pakai mobil jeep atau yang bergardan tinggi, kalau sepeda motor harus yang tahan banting seperti trail. Karena selain medannya cukup lumayan sulit, jalannya juga masih belum baik berbatu kasar dan bergelobang.

Bagi wisatawan yang gemar berpetualang dan bernyali besar, semua perjuangan menuju pantai ini akan terbayar karena sesampainya disana bisa mencoba permainan kereta gantung diatas gelombang laut selatan yang berdeburan menantang.. lagian bagi yang tidak suka permainan tersebut bisa menikmati pemandangan sekitar menapaki pasir putih lembut, Tapi jakau siang hari disarankan tidak melepas alas kaki. karena begitu terik membakar pasir di pantai timang ini juga akan turut tersengat panas seperti umunya pada Pantai Di

Jogja Selain Parangtritis
Pantai Timang yang terdaftar di koordinat GPS: S8°10'33" E110°39'46" ini lokasinya hanya berjarak sekitar 4 km dari pinggir jalan raya menuju pantai Siung. Kalau patokan dari lapangan bola desa purwodadi, harus kearah barat lewat jalan cor beton hingga ketemu perempatan balai desa donggolo masih ambil jalan lurus hingga ketemu jalan berbatu yang membutuhkan konsentrasi. Gampangnya adalah tanya alamat pantai timang desa purwodadi kecamatan tepus gunung kidul yogyakarta.. selamat berpetualang..(TWM)

No comments:

Post a Comment