Monday, May 11, 2015

Keindahan Pantai Tanjung Taipa


Pantai Tanjung Taipa terletak di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Berjarak sekitar 65 kilometer sebelah utara Kota Kendari. Letak Pantai Tanjung Taipa ini memang relatif lebih jauh dari Kota Kendari dibanding beberapa pantai lainnya. Tapi, Pantai Tanjung Taipa masih menjadi obyek favorit bagi warga Kendari dan sekitarnya. Namun Pantai ini menawarkan keindahan dan pesona bawah laut yang menarik, wisatawan bisa ber'snoorkeling ataupun diving. keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni sudah dapat terlihat hanya 50 meter dari bibir pantai. Bagi pencinta diving, kawasan pantai Tanjung Taipa juga memiliki spot-spot menarik untuk dinikmati, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan rileks.

Hamparan pasir lembut berwarna abu-abu yang diterjang hempasan ombak dan gelombang laut silih berganti menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan ketika kita berada di kawasan pantai sepanjang kurang lebih tiga kilometer itu. Inilah daya tarik utama pantai yang berada di bibir Tanjung Taipa dan menghadap langsung ke Laut Banda ini. Di sana, selain rangkaian hiburan musik yang digelar setiap akhir pekan maupun hari-hari libur, Anda juga bisa menjumpai habitat burung Maleo. Ini burung khas Sulawesi yang sekilas terlihat mirip ayam ini juga memiliki perilaku menarik, yaitu menanam telurnya di dalam pasir.

Ada juga satu tempat menarik yang bisa dikunjungi di dekat Pantai Tanjung Taipa, yaitu Gua Golo Oti. Dalam bahasa setempat, Tolo ati berarti arus kering. Di dalamnya terdapat makam tokoh bernama Lasamana. Sebagian Warga Tanjung Taipa masih menganggap makam ini sebagai makam keramat. Memang kita harus mendaki perbukitan karang sedikit untuk menuju kesana dan dari sana anda akan menyaksikan hamparan Pantai yang memanjang dari ujung hingga ujung. Tapi hati - hati saat mendaki, Karang disana sangat tajam, terpeleset sedikit saja Anda bakal dapat kenang-kenangan berupa luka sobek yang dalam, membuka lebar dan pastinya akan terasa lebih perih kalau terkena air laut.

Wisatawan dari luar kota yang menggunakan pesawat, jika ingin langsung menikmati keindahan alam pantai tanjung Taipa, dapat menggunakan taksi atau angkot. Dengan tarif yang cukup terjangkau. Untuk taksi (Argo) biasanya sebesar RP 30.000. Jika Anda menyewa angkot cukup dengan uang 15.000. Sementara jika menggunakan ojek tarif yang dipatok sebesar Rp 25.000.

Bagi bagi wisatawan yang ingin bermalam terdapat cottage yang sangat nyaman dengan pemandangan menghadap laut, di jamin liburan Anda dapat semakin asik. Harga untuk cottage Rp 500.000 per malam. Jika Anda yang ingin berhemat, pengelola juga menyediakan saung atau pendopo yang bisa di sewa dengan harga yang relatif murah, cukup mengeluarkan uang Rp 100.000 Anda sudah bisa menginap di pendopo yang juga memiliki pemandangan ke arah pantai Tanjung Taipa yang jernih ini. (teks: berbagai sumber-foto:google images)









No comments:

Post a Comment