Saturday, January 10, 2015

Ingin Jalan-Jalan cui ?

Yang penting intinya adalah jalan-jalan. Bagi yang tidak suka jalan-jalan  atau bingung mau jalan-jalan kemana?, ada beberapa tips memulai diri untuk jalan-jalan, rekreasi, liburan atau apapun itu namanya.

1.     Tekat/niat
Mungkin ini tidak bisa dijelaskan tapi cukup untuk dimiliki

2.     Liburan atau jalan-jalan di dekat-dekat rumah dulu
Kenali daerahmu dan sayangi daerahmu, cukup dengan berwisata di sekitar kotamu tanpa perlu jauh-jauh keluar kota. Dengan berwisata di sekitar kotamu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal karena ongkos transportasi atau penginapan, wuiiiih makin asyik tuh. Cobalah untuk mencari sarana liburan yang tidak perna kamu lakukan. Misalnya jelajah Gunung atau air terjun, melihat-lihat museum dan tempat peninggalan-peninggalan jaman dahulu,  melakukan wisata kuliner di berbagai tempat di kotamu, bersepeda di pagi hari disamping sawah ladang atau sungai.

3.     Nginep di rumah teman atau saudara
Dengan mempunyai teman atau saudara di daerah lain kamu bisa mencoba untuk menginap atau bersilaturahmi ke rumah mereka, sekaligus kamu jalan-jalan. Dengan cara seperti ini kamu bisa jalan-jalan ala hemat karena biasanya makan, tempat tinggal, guide dapat gratisan hehehehe, tapi dengan begitu kamu harus menempat kan diri dengan etika yang baik seperti berikut:
a.      Apakah teman atau saudara yang akan kamu datangi mempunyai waktu luang?
b.      Pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung.
c.       Tetap menjunjung tinggi adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang akan kamu kunjungi.
d.     Kalo rencana kunjungan dengan waktu yang agak lama, ada baiknya memperkenalkan diri ke pengurus lingkungan dan warga sekitaarnya.
e.      Bawakan sesuatu atau oleh-oleh untuk orang yang kamu kunjungi.
f.        Posisikan dirimu sebagai bagian dari keluarga dan bukan Raja.
g.      Tawarin balik bagi mereka untuk mengunjungi kota kamu.


4.     Mencari paket tour bersama
Pilihlah paket tour yang kamu inginkan dengan catatan kamu sudah yakin dengan paket tujuan tour yang kamu pilih dan kamu  merasa nyaman dengan agen perjalanan yang menyediakan paket tour tersebut. Dengan cara seperti ini kamu tidak terlalu banyak direpotkan karena tinggal pilih paket perjalanan, bayar, dan sudah  kamu tinggal mempersiapkan untuk keperluan kamu sendiri.

5.     Menyewa tempat penginapan di daerah wisata
Banyak pilihan penginapan disekitar tempat wisata, dengan menginap ditempat penginapan tersebut, anda akan terpancing untuk melihat-lihat atau berjalan-jalan di daerah wisata tersebut, kalau bisa menginaplah dipenginapan dengan kapasitas orang banyak dan tidak membayar secara perorangan sehingga kamu bisa bawa temen banyak dan dengan begitu kamu bisa patungan dan jatuhnya pasti lebih murah .

6.     Camping bersama
Cobalah liburan sambil camping. Cukup bermodalkan tenda, sleeping bag, dan peralatan makan seadanya anda sudah dapat berlibur. Apalagi kalau kamu  berencana untuk menjelajah wisata-wisata alam seperti pegunungan atau daerah pantai, camping merupakan pilihan tepat karena kamu dapat langsung melihat dan merasakan keindahan alam dalam tiap hembusan nafasmu, kamu akan merasakan diri menyatu dengan alam danterasa bahwa kita bagian dari alam. Bagi yang berjiwa petualang tinggi dan memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat, camping merupakan cara seru kamu untuk mengisi liburan.

Kayaknya abis tahap ke enam pasti keranjingan mau jalan-jalan terus deh

No comments:

Post a Comment