Monday, January 12, 2015

7 Fakta menarik tentang hidung

Hidung memiliki peran besar pada penampilan wajah seseorang. Namun selain itu, hidung juga memiliki berbagai fungsi penting bagi hidup Anda, seperti bernapas, mencegah infeksi, memiliki fungsi penciuman, dan lainnya. Faktanya, hidung Anda bahkan bisa membuat Anda jatuh cinta atau merasakan bahaya.

Meski semua orang memiliki hidung, tapi tak semuanya mengetahui fakta-fakta menarik mengenai hidung mereka. Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik mengenai hidung yang wajib diketahui, seperti dilansir oleh Health Me Up (08/01).

1. Hidung bisa mendeteksi satu trilyun aroma
Penelitian terbaru mengungkap bahwa hidung kita bisa memiliki 400 jenis reseptor bau dan bisa mengenali setidaknya satu trilyun aroma yang berbeda. Hasil ini didapatkan peneliti dari Rockefeller University di New York. Sebelumnya peneliti percaya bahwa manusia hanya bisa membau 10.000 aroma.

2. Manusia bisa membaui emosi
Peneliti dari Utrecht University di Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi emosi melalui zat kimia yang dikeluarkan tubuh. Hal ini terbukti karena manusia bisa merasakan emosi takut dan rasa jijik dari orang lain hanya melalui aroma keringat atau pakaiannya saja.

3. Aroma bayi yang baru lahir bisa membuat kecanduan
Penelitian mengungkap bahwa aroma bayi yang baru lahir bisa mempengaruhi bagian otak wanita yang berkaitan dengan rasa senang. Selanjutnya, bau ini akan merangsang produksi dopamin. Dopamin biasanya dikeluarkan otak ketika seseorang melakukan seks, makan makanan enak, atau mengonsumsi obat yang membuat kecanduan. Dengan kata lain, aroma bayi yang baru lahir bisa membuat wanita merasa senang dan secara tak sadar juga bisa membuat mereka kecanduan dengan aroma tersebut.

4. Gaya bersin seseorang bersifat genetik
Setiap orang memiliki gaya bersin yang berbeda-beda. Namun tahukah bahwa gaya bersin ternyata dipengaruhi oleh genetik, atau dengan kata lain diturunkan dari generasi sebelumnya? Penelitian mengungkap bahwa gaya bersin seseorang bersifat turunan yang diberikan dari generasi ke generasi. Coba cek lagi, siapa tahu ayah atau nenek Anda memiliki gaya bersin yang sama dengan Anda.

5. Ingus melindungi tubuh dari infeksi
Ketika hidung terasa kotor, dipenuhi ingus dan kotoran hidung, Anda tentu tak suka. Namun faktanya, ingus dan kotoran itu justru yang melindungi Anda dari infeksi dan alergi. Lendir dalam hidung bertugas untuk menangkap debu dan mikroba yang dibawa oleh udara agar tak sampai masuk ke sistem pernapasan dan menyebabkan infeksi atau alergi. Jadi meski lendir dalam hidung menjijikkan, namun fungsinya sangat besar untuk kesehatan.

6. Bersin tak bisa disepelekan
Bersin adalah refleks tubuh yang tak bisa dihentikan ketika sudah mulai. Bersin bisa memiliki kecepatan lebih dari 150 kilometer per jam dan udara yang Anda keluarkan juga bisa mencapai sangat jauh hingga lima kaki. Tak hanya itu, satu bersin saja bisa menyebarkan 100.000 kuman ke udara.

7. Kemampuan hidung menurun karena usia
Ketika manusia bertambah tua, mereka kehilangan kemampuan penciuman dan membau. Manusia biasanya mulai kehilangan kemampuan mencium beberapa aroma ketika berusia 65 tahun. Ketika berusia 80 tahun, manusia kehilangan kemampuan penciuman hingga 50 persen.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar hidung dan fungsinya. Jangan remehkan anggota tubuh yang satu ini, karena meski kecil ternyata hidung memiliki banyak rahasia yang penting untuk kesehatan tubuh.

No comments:

Post a Comment