Friday, January 16, 2015

5 Kegiatan Menyehatkan Di Pagi Hari

 http://media.mnn.com/sites/default/files/editorial/morning_yoga_0.jpg
Sejak pagi kita sudah sibuk mempersiapkan diri sebelum berangkat sekolah. Mulai dari bangun pagi, mandi, memasukkan semua perlengkapan sekolah dan buku sambil menunggu menu sarapan. Eits! Sebelum melakukan semua hal ini dan itu. Lakukan 5 kegiatan menyehatkan berikut ini!

Berjemur dibawah sinar matahari
Hangatnya sinar matahari ternyata menyehatkan, lho! Karena sinar matahari bisa membantu produksi vitamin D dalam tubuh kita, yang berguna untuk memperkuat sel-sel tulang. Waktu berjemur yang tepat yaitu sebelum jam 10.00 pagi. Cukup berjemur selama 15-20 menit saja kok.

Minum air putih
Setelah semalaman, tubuh akan kekurangan cairan. Itulah pentingnya mengembalikan cairan dalam tubuh dengan minum air putih setelah bangun tidur. Kebiasaan sehat ini membantu meningkatkan sel-sel darah pada otot kita yang juga bisa memperlancar aliran oksigen, sehingga kita siap beraktivitas. Selain itu, air putih juga berfungsi sebagai detoksifikasi alam yang baik untuk penyerapan nutrisi dan pembersihan usus besar.

Menghirup udara pagi
Segarnya udara pagi baik untuk kesehatan paru-paru, jantung, otak serta kelancaran sistem pernapasan kita. Karena udara pagi, belum terkontaminasi karbondioksida dari asap kendaraan bermotor. Menghirup udara di pagi hari bermanfaat untuk mengganti udara lama dengan udara baru.

Olahraga ringan

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga, lho. Kenapa? Karena selama berjam-jam tubuh kita dibiarkan beristirahat. Aktivitas ini membantu melemaskan dan meregangkan semua otot dalam tubuh kita. Selain itu, olahraga ringan seperti jogging, jalan sehat atau bersepeda santai bisa memperlancar darah dan oksigen yang masuk ke tubuh dan otak kita.

Sarapan sehat
Seringkali kita melewatkan waktu sarapan. Alasannya karena takut terlambat datang ke sekolah atau nggak ada waktu untuk sarapan. Padahal sarapan itu penting sebagai sumber energi tubuh dan membantu kerja otak kita. Tanpa sarapan, tubuh jadi terasa lemas, lesu dan nggak bersemangat untuk beraktivitas.

No comments:

Post a Comment