Friday, January 30, 2015

Kiat Sukses Melawan Flu

                            
Menikmati hari-hari dengan ibadah dan beragam aktivitas hidup lainnya dengan tenang dan bahagia merupakan karunia yang tiada tara. Namun, bagaimana jika kemudian tiba-tiba flu mengusik aktivitas kita? Influenza memang merupakan penyakit yang mudah kita
jumpai. Bahkan ada di orang yang langganan penyakit ini tiap bulan.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sebenarnya bisa sembuh sendiri tanpa diobati, dalam jangka waktu 3-5 hari, dengan catatan tubuh kita punya sistem pertahanan yang cukup bagus untuk mengatasi penyakit tersebut. Tapi ada juga lho, orang yang pilek sampai berbulan-bulan belum sembuh juga. Flu yang tak tertangani dengan benar bisa mengundang bakteri patogen yang mencari-cari kesempatan di saat pertahanan tubuh kita lemah. Mencegah pilek sedapat-dapatnya, merupakan tindakan yang bijaksana. Tetapi jika gagal, barangkali kiat-kiat mudah dan murah berikut ini dapat membantu Anda.

Tinggal di rumah dengan istirahat yang cukup.
Bekerja dengan pilek yang berat akan membuat penyakit ini lebih parah dan lebih lama sembuh.

Tidur cukup banyak.
Berikan kesempatan tubuh Anda untuk memerangi flu dan mendapat tenaga baru.

Banyak makan buah-buahan dan makanan yang mengandung cukup kalori dan protein.
Hindari gula-gula, seperti coklat, kue, es krim, dsb. Gula dalam darah menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Minum banyak air bersih.
Minumlah paling sedikit 10 gelas air sehari untuk menghanyutkan virus dari tubuh Anda. Kalau dapat, minumlah air atau sari buah setiap jam bila Anda tidak tidur Jika kerongkongan Anda terasa sakit, berkumur-kumurlah paling kurang 3 kali sehari dengan larutan garam hangat.

Caranya, masukkan garam ½ sendok teh ke dalam satu gelas air panas. Aduklah sampai larut semuanya. Biarkan air mengalir ke kerongkongan utuk beberapa detik Menaruh kompres panas di leher. Untuk sakit kerongkongan, taruhlah kompres panas di leher setelah berkumur air garam sebelum tidur di waktu malam. Caranya, siapkan sehelai
kain katun, dilipat sampai sedang tebalnya, kurang lebih 5 cm lebar dan cukup panjang untuk dililitkan pada leher. Celupkan air itu ke dalam air hangat, peras dan lilitkan pada leher. Gunakan peniti pengaman agar kain tidak mudah lepas.

Merendam kaki dalam air panas.
Jika flu disertai dengan kepala yang terasa sesak, lakukan cara ini dua kali sehari (pagi
dan petang). Merendam kaki dalam air panas akan mengalirkan darah dari kepala, sehingga menghilangkan sesak kepala.

Menghirup uap panas.
Menghirup uap panas akan melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Caranya, isilah cerek dengan sedikit air di bawah corong dan masak air sampai mendidih. Tambahkan 1 sendok minyak kayu putih ke dalam air yang mendidih. Dengan surat kabar, buatlah corong berbentuk kerucut untuk mengarahkan uap ke wajah pasien.

Pendemahan pada dada.
Caranya, celup handuk mandi ke dalam air yang mendidih kemudian peras. Bentangkan handuk kering di atas meja dan letakkan handuk panas di atasnya. Bungkus handuk panas tersebut. Lapisi dada dengan kain dan letakkan handuk panas di atasnya.

Kalau semua langkah ini telah diambil dan pilek tetap saja merajalela lebih dari satu pekan dengan demam dan komplikasi, hubungi dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment