Friday, January 23, 2015

Kenampakan alam Asia Tenggara part 2



Singapura


a.    Kenampakan Alam Negara Singapura
Negara Singapura dengan bentuk sebuah pulau besar yang dikelilingi beberapa pulau kecil memiliki luas sekitar 622 km². Negara ini tidak memiliki gunung ataupun hutan. Daratan yang ada hanya berbentuk dataran rendah dan bukit timah, Bukit panjang, bukit Gombak, dan bukit Mandai. Sungai di singapura umumnya sangat pendek dan bermata air di bukit – bukit. Sungai utamanya adalah sungai Kallang, Sungai Singapura, Sungai Serangoon, dan Sungai Kranji.
Letak Singapura sangat menguntungkan sebab terletak pada posisi silang lalu lintas pelayaran dari Negara – Negara Asia Timur, Asia Barat, Afrika,Eropa,Amerika dan Australia. Jadi,kapal dari Asia yang hendak berlayar menuju Australia harus melalui Singapura. Begitu juga sebaliknya, sehubungan dengan letak Singapura yang sangat strategis, pemerintah Singapura membangun pelabuhan dengan sarana – sarana dan prasarana, antara lain alat – alat angkutan dan pergudangan.
b.    Kenampakan Sosial Negara Singapura
Negara Singapura terdiri atas satu pulau yang besar yang kemudian dijadikan Negara serta beberapa pulau kecil. Oleh karena luas negaranya kecil, dalam perekonomian Singapura mengandalkan sector industry yang ada antara lain industry pengalengan ikan, pengalengan minuman, daging, dan buah. Selain itu, Singapura juga memiliki industry pengolahan kayu. Beberapa tahun belakangan ini Singapura memproduksi alat – alat elektronik mulai dari kamera digital, handpone, televise, radio tape, printer,flashdisk,hingga computer
Selain sector industry, Singapura juga mengandalkan sector jasa. Beberapa sector jasa tersebut antara lain jasa pengepakan barang, jasa pemeriksaan barang, jasa distribusi, jasa bongkar muat barang pelabuhan, jasa ekspor dan impor.
Dengan wilayhnya yang kecil pemerintah Singapura mudah mengatur dan mengontrol penduduknya. Oleh karena itu penduduk Singapura dapat menikmati pelayanan pendidikan, mendapatkan  pekerjaan, dan pelayanan kesehatan secara mudah. Kasus – kasus kriminalitas yang terjadi sangat rendah.
Tingkat ekonomi penduduk Singapura di atas rata- rata. Jumlah penduduk miskin sangat sedikit. Pemrintah Singapura sangat memerhatikan ketenagajerjaan sehingga pengangguran dapat ditekan. Keberhasilan Negara Singapura dalam dunia bisnis dan ekonomi menjadikan Singapura dijuluki “Macan Asia”.Jadi, boleh dikatakan bahwa Singapura adalah Negara kecil yang sangat kaya, namun kekayaan itu bukan berasal dari sumber daya alam, melainkan dari perdagangan,bisnis dan pariwisata.

No comments:

Post a Comment