Thursday, January 29, 2015

Sejarah Perkembangan Hak Asasi Manusia



Penandatangan Magna Charta pada tahun 1215 sering dianggap sebagai usaha perlindungan hak asasi manusia yang pertama. Namun karena isinya hanya memuat perlindungan hak kaum bangsawan dan kaum gerjani, penandatanganan Piagam Magna Charta bukan merupakan permulaan dari sejarah hak – hak asasi manusia seperti yang dikenal sekarang.
Perkembangan sejarah perlindungan hak – hak asasi manusia mengalami pertumbuhan cukup pesat sejak abad 18 seperti dialami oleh bangsa –bangsa Inggris, Perancis dan Amerika Serikat. Perjuangan perlindungan hak asasi manusia tidak lepas dari perjuangan rakyat di Negara – Negara tersebut dalam menghadapi kesewenag – wenangan penguasanya.
Diakui oleh berkembangnya ajaran kenegeraan yang mengarah pada pertumbuhan ajaran demokrasi menjadikan sejarah perlindungan hak asasi manusia memeliki kaitan erat dengan usaha pembentukan tatanan Negara hokum yang demokratis. Hal ini antara lain tampak dari tumbuhnya kesadaran rakyat Inggris, Perancis dan amerika Serikat untuk meletakkan pembatasan kekuasaan para penguasanya dalam undang – undang atau bahkan konstitusi, sekaligus mewajibkan pemimpin suatu Negara melindungi sejumlah hak yang melekat secara kodrati pada individu – individu yang menjadi warga Negara.

No comments:

Post a Comment