Saturday, January 10, 2015

Orkestranya wong Jawa

Gamelan, Orkestranya wong Jawa

Gamelan yang dipentaskan di Yogyakarta kebanyakan bernuansa gamelan Jawa makanya bisa disebut Orkestra ala Jawa. Meskipun kelihatannya mudah untuk memainkannya tetapi sulit juga, keliatannya sih tinggal getok sana getok sini, gebuk sana gebuk sini hehehehe, itu ma yang aku liat, ternyata apa yang aku liat tidak sama dengan apa yang aku pegang dan apa yang aku pegang tidak sama dengan apa yang aku rasa, eiiits apa tuuuuuuu? Ya yang jelas maen gamelan lah.
Konon ada pakem pakem yang harus diikutig sehingga bisa mengekspresikan atau mengungkapkan keserasian hidup antara jasmani dan rohani, sehingga terjadi keseimbangan alunan musik yang menyebabkan keselarasan dalam perbuatan dan perkataan( sotoi ding)
gamelan biasanya menjadi tontonan musik tersendiri maupun sebagai pengiring tarian, pertunjukan wayang kulit atau pertunjukan ketoprak, ketopak disini bukan nama makanan yang terdiri dari lontong, sayur rebus dan sambel kacang ala orang jakarta lhooo, ketoprak disini merupakan pertunjukan drama orang.
seiring waktu banyak gamelan yang berkolaborasi dengan musik-musik lain diantaranya berpadu dengan musik jazz. Kira-kira kalau berpadu dengan musik dangdut gimana yaaa?

bagi kalian yang ingin menikmati musik gamelan ini, Salah satu tempat dimana kita bisa menikmatinnya adalah di Kraton Yogyakarta dan menuju Bangsal Sri Maganti

Pada hari Kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB digelar musik gamelan.
Pada Hari Sabtu pukul 10.00 - 12.00 WIB digelar musik gamelan sebagai pengiring wayang kulit
Pada Hari Minggu pukul 10.00 - 12.00 WIB digelar musik gamelan sebagai pengiring tari tradisional Jawa

No comments:

Post a Comment