Friday, January 23, 2015

KENAMPAKAN ALAM ASIA TENGGARA PART I



Malaysia



a.       Kenampakan alam Negara Malaysia
Malaysia di bagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh laut cina selatan kira – kira sejauh 640 km, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia barat berada di semenanjung Malaysia yang terdiri atas sebelas Negara bagian dalam bentuk kesultanan, Yaitu Trenggano, Negeri Sembilan, Perlis, Malaka,Penang,Selangor,Johor, Pahang,Perak dan Kelantan. Barisan pegunungan memanjang di sebagian besar semenanjung Malaysia.pada kedua sisi timur dan Barat pegunungan tersebut terdapat dataran rendah hingga mencapai laut. Dataran rendah bagian barat semenanjungmerupakan kawasan yang berpenduduk paling padat. Di sini terdapat lahan utama yang dibudidayakan dan pusat utama tambang. Hanya terdapat sedikit orang di sepanjang pantai timur semenanjung, yang pada umumnya merupakan kawasan penuh hutan lebat. Sungai utama semenanjung adalah sungai Pahang dan sungai perak.
Malaysia Timur terdiri atas Negara bagian sabah dan Serawak. Negara bagian ini terletak di pulau Kalimantan bagian utara berbatasan dengan Indonesia dan Brunei  Darussalam. Wilayah ini sebagian besar merupakan lahan rawa pantai, hutan, dan pegunungan karang. Hanya sekitar 15% penduduk Malaysia tinggal di wilayah ini . Barisan Crocker, yaitu pegunungan tertinggi di Malaysia, membentang dari Sabah hingga Serawak. Puncak Gunung Kinabalu (4.101 m)pencak tertinggi di Malaysia, terdapat di Sabah

b.       Kenampakan social  Negara Malaysia
Penduduk asli Malaysia adalah orang Melayu. Jumlah orang Melayu merupakan bagian yang terbesar dari penduduk Malaysia. Penduduk lainya terdiri atas orang keturunan Cina, India,Pakistan,Sri Lanka, Bangladesh, dan orang – orang Eropa.
Sekitar 40% penduduk Malaysia bermata pencarian sebagai petani. Tanaman penting yang paling banyak di tanam adalah padi, kelapa, dan sayuran. Meskipun penduduknya menanam padi. Malaysia harus mengimpor lebih banyak lagi untuk persediaan pangan. Selai pertanian, mata pencaharian penduduk Malaysia adalah pertambangan dan perindustrian.
Malaysia merupakan penghasil timah terbesar di dunia. Timah terdapat di lembah Kinta dekat Ipoh dan di lembah Klaong dekat Kuala Lumpur. Sebagian besar karet alam dunia dating dari Malaysia. Malaysia juga salah satu penghasil utama minyak kelapa sawit.
Dilepas pantai Malaysia, di laut Cina Selatan terdapat cadangan minyak dan gas alam yang besar. Minyak merupakan ekspor penting ketika permintaan timah dan karet menurun.. Banyaknya kekayaan alam yang dimiliki Malaysia tidak diimbangi dengan jumlah penduduk menyebabkan Malaysia Kekurangan tenaga kerja. Saat ini banyak tenaga kerja Indonesia, baik laki – laki maupun perempuan menjadi buruh pabrik, peternakan,pertukangan maupun perkebunan di Malaysia.

No comments:

Post a Comment