Monday, January 19, 2015

KENAMPAKAN BUATAN DI INDONESIA



1.      Jembatan
Merupakan bangunan yang membentang di atas sungai, jurang, lembah sempit, dan sebagainya. Jembatan pada umumnya menghububungkan dua daerah diseberang sungai. Contohnya jembatan Ampera yang jmembentang diatas sungai Musi. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang membentang diatas Selat Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5,4 km dan menghubungkan Pulau Madura dan Jawa

2.    Waduk
Adalah Kolam besar sebagai tempat menyimpan persediaan air untuk berbagai kebutuhan. Air waduk digunakan untuk irigasi lahan pertanian di musim kering. Pada musim hujan, waduk menampung banyak air hujan sehingga tidak terjadi banjir. Pembangunan waduk memerlukan lahan yang luas. Waduk di Indonesia antara lain Waduk Way Rarem(Lampung), Waduk Jatiluhur (Jawa Barat), Waduk Gajah Mungkur (Jawa Tengah, Waduk Riam Kanan ( Kalimantan Selatan).

3.    Bandar Udara
Merupakan tempat berhenti, mendarat, dan berangkat pesawat terbang. Penduduk yang akan naik pesawat terbang harus melalui bandara. Bandara di Indonesia antara lain Soekarno Hatta (Jakarta) Bandara Polonia (Medan), Bandara Minangkabau ( Padang ), Bandara Ngurah rai ( Bali) Dan Bandara Sentani (Jayapura)

4.    Perkebunan
Adalah lahan yang ditanami jenis tanaman kebun untuk diambil hasilnya. Perkebunan memberikan keuntungan ekonomi dari buah, daun, atau getah yang dihasilkan jenis tanaman perkebunan antara lain kelapa sawit, kelapa, teh, cengkeh,karet. Jenis tanaman perkebunan semusim seperti tebu, tembakau dan lada. Perkebunan besar membutuhkan lahan yang luas, modal besar, dikerjakan intensif, produktivitas tinggi, dan hasilnya umumnya diekspor. Perkebunan besar banyak terdapat di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

No comments:

Post a Comment