Tuesday, March 25, 2014

Curug Seribu

Curug, atau dalam bahasa indonesia yang berarti air terjun. Curug Seribu atau Air Terjun Seribu ini memiliki ketinggian air kurang lebih 100 meter dengan curahan air yang besar. Sumber air curug berasal dari Gunung Salak dan mengalir mengikuti arah Sungai Cikuluwung, Curug Seribu adalah air terjun terbesar di Taman Nasional Gunung Salak. Sempat berbincang-bincang dengan warga sekitar, dinamakan Curug Seribu dikarenakan dinding-dinding batu air terjun utama juga dikellingi air terjun-air terjun kecil atau kalau dilihat seperti tetesan-tetesan air yang mengalir dan jumlahnya sangat banyak, apalagi saat musim penghujan, sehingga pantas dinamakan Air Terjun Seribu, Air Terjun Seribu termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah dan di bawah naaungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.  

Lokasi

Terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, PropinsiJawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: 6° 42' 24.77" S  106° 40' 58.62" E 

Aksesbilitas

Kurang lebih berjarak 38 km dari kota Bogor hingga Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah dan dari pintu gerbang ini berjarak lebih kurang 3 km hingga tiba di pintu masuk Curug Seribu, sebelum masuk anda bisa beristirahan diwarung sekitar pintu masuk atau yang menggunakan mobil bisa parkir disini, tepatnya disamping jembatan gantung yang hanya bisa dilalui dua orang secara bersamaan.  Dari jembatan gantung ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 1 km menuju lokasi Curug Seribu.  Kondisi jalan ke lokasi ini naik turun, curam dan licin dengan waktu tempuh relatif berbeda.
Bila anda menempuhnya dengan berlari-lari sedang, kurang lebih yang dibutuhkan sekitar 30 menit, bila anda menempuhnya dengan berjalan normal kira-kira dibutuhkan 1 jam untuk mencapai ke lokasi Curug Seribu. saran saya, sebaiknya dalam perjalanan dibuat sesantai-santainya sehingga tidak perlu memaksakan otot-otot tubuh, toh takkan lari curug seribu dikejar, tapi karena rasa penasaran yang selalu berkobar untuk secepatnya melihat Curug Seribu membuat gerak kaki semakin cepat, sehingga waktu kembali pulang, energi sudah terkuras habis, belum lagi ketika dialiran sungai Curug Seribu anda khilaf dengan kejernian dan kesegaran airnya sehingga tak kuasa membuat anda berbasah-basah ria didalam air dan bermain-main hingga kelelahan.

Fasilitas

Di obyek wisata ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung antara lain MCK, camping ground,shelter,dan warung makan.




Selain Curug Seribu masih ada curug-curug lain di kawasan ini. Semua curug tersebut terletak dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau.



Dan ingat, jangan buang sampah sembarangan.

No comments:

Post a Comment