Saturday, March 8, 2014

Bahaya Kebiasaan Merokok Bagi Kesehatan

Bahaya kebiasaan merokok bagi kesehatan memang sudah sepantasnya kita waspadai. Meskipun pada kemasan rokok sendiri sudah tertera penjelasan berbagai macam bahaya yang siap mengintai, akan tetapi tak jarang pula mereka tidak mempedulikan akan hal tersebut dan mereka tetap memilih untuk tetap melakukan kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan tersebut. Adapun candu pada rokok sendiri memang sangat sulit untuk dihentikan, meskipun kita telah mengikuti banyak tips sekalipun. Dengan demikian, sebenarnya hal paling penting untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok yaitu komitmen yang kuat dalam diri sendiri.

Bahaya kebiasaan merokok bagi kesehatan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ternyata kita tidak boleh menganggap remeh bahaya dari kebiasaan merokok. Pasalnya bahaya yang paling parah akibat kecanduan rokok tingkat tinggi yaitu sanggup merenggut nyawa seseorang. Walaupun begitu, nampaknya masih banyak orang melakukan kebiasaan buruk tersebut meskipun sebenarnya maut telah menanti mereka.

Perlu untuk anda ketahui bahwa di dalam rokok sendiri terkandung berbagai macam zat berbahaya, bahkan di setiap batang rokok jumlahnya bisa mencapai 4000 jenis zat berbahaya. Adapun beberapa kandungan di antaranya seperti karbon monoksida, nikotin, tar serta berbagai komponen berupa gas maupun partikular lain yang sangat berbahaya. Oleh karena itu bagi anda yang belum mengetahui tentang apa saja bahaya kebiasaan merokok bagi kesehatan, anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Beberapa bahaya kebiasaan merokok bagi kesehatan yang patut kita ketahui
 

Jadi selain seperti yang telah dijelaskan di atas, sebagian besar dari bahaya yang di akibatkan karena kebiasaan merokok adalah :

  • Paru-paru - Bagi seorang perokok aktif memang rentan terserang Paru Obstruktif Kronik yang mana itu merupakan penyakit progresif dan bisa mengakibatkan seseorang sulit untuk bernafas. Kenyataannya memang ada banyak perokok yang tidak sadar akan hal ini, apabila mereka sadar pun biasanya juga sudah terlambat. Padahal untuk kasus ini tidak ada obat dan juga tidak ada cara untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan.

  • Fertilisasi dan Reproduksi - Pada pembungkus rokok sepertinya sudah jelas tertera bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan impoten. Demikian ini memang benar adanya, adapun akibat yang ditimbulkan terhadap kesuburan dan reproduksi sangatlah fatal. Kebiasaan merokok ini bisa menjadikan seseorang lebih berisiko besar untuk mengalami kerusakan dan mengurangi jumlah sperma, bahkan bisa berakibat kanker testis.

  • Jantung - Seorang perokok tentunya akan sangat rentan terhadap penyakit stroke dan jantung. Demikian ini dikarenakan oleh kandungan karbon monoksida pada rokok mengambil oksigen pada darah sehingga berakibat mengembangnya kolesterol dan akhirnya mengendap di dinding arteri.

  • Kanker - Perokok baik itu aktif dan pasif sekalipun juga bisa berpotensi untuk menimbulkan kanker seperti halnya kanker paru-paru, lambung dan lidah. Jadi untuk kanker lambung itu dapat terjadi akibat dari asap rokok yang sebagian tertelan oleh kita dan mengakibatkan rusaknya sel-sel selaput lendir pada lambung, alhasil itu semua diubah menjadi sel kanker.

  • Tulang - Bahaya daripada kebiasaan merokok sendiri tentunya juga bisa berpengaruh pada tulang tubuh kita. Akibatnya tulang akan semakin rapuh dan cepat lemah apabila kita gunakan untuk beraktivitas. Hal ini memang jauh lebih berbahaya bagi para wanita, sebab wanita lebih rentan terhadap osteoporosis jika dibandingkan dengan pria.

  • Kulit - Kebiasaan merokok memang bisa mengurangi suplai oksigen ke kulit sehingga ini bisa mempercepat penuaan dan apabila kita biarkan saja, maka kulit kita akan nampak abu-abu serta terlihat seperti tidak terawat.

  • Gigi dan Mulut - Adapun zat berbahaya yang ada pada rokok juga bisa mengakibatkan bau mulut serta timbulnya noda pada gigi. Jadi pada kondisi demikian ini lama kelamaan juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker pada lidah, bibir maupun tenggorokkan.


Nah, setelah kita mengetahui bahaya merokok bagi kesehatanmaka sudah seharusnya kita sadar dan segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Jadi dengan kita memutuskan untuk tidak merokok, tentunya tubuh kita bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

No comments:

Post a Comment