Wednesday, March 19, 2014

Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan

Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan sepertinya memang sudah tidak bisa diragukan lagi, bahkan madu juga sudah begitu ramah di telinga bahwa ada banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan jika kita memanfaatkannya. Jadi apabila kita berbicara mengenai manfaat madu, pastinya tidak hanya berguna bagi kesehatan saja melainkan juga bagi kecantikan kita. Nah, madu memang sangat bermanfaat sekali bukan !!

manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan.jpg

Untuk mengetahui lebih jelas, apa saja sih manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan itu. Maka pada artikel kali ini saya akan mengungkap sejuta rahasia dibalik cairan kental yang memiliki rasa manis atau yang biasa dikenal dengan sebutan madu.


Manfaat madu bagi kesehatan


Pada dasarnya madu merupakan nektar bunga yang sudah di olah oleh lebah, meskipun begitu madu sendiri kerap dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Lantas apa saja manfaat tersebut ? simak ulasan berikut ini :

  • Sebagai sumber karbohidrat - Jadi siapa sangka jika madu ternyata memiliki kandungan karbohidrat murni yang dapat memberikan energi yang baik bagi tubuh kita. Apabila kita telah terbiasa mengonsumsi minuman berenergi lain, maka sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut dan sebaiknya beralih dengan mengonsumsi madu. Sebab madu bisa menggugah energi serta menyegarkan tubuh.
  • Melawan parasit - Jadi minuman yang terbuat dari madu, air dan cuka itu sebenarnya merupakan obat yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan tubuh seperti sakit perut dan lain-lain. Mengapa demikian? sebab ketiga campuran tersebut sangat efektif sebagai pelawan parasit.
  • Sebagai antiseptik alami - Manfaat madu yang sangat berguna bagi kesehatan yaitu sebagai antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri maupun mengobati kita dari adanya luka bakar dengan lebih cepat. Selain itu madu juga bisa menjadi anti-inflamasi yang mampu mencegah pembengkakan ataupun peradangan.
  • Sebagai sumber glukosa - Di samping mengandung karbohidrat, kandungan lain pada madu yang sangat menonjol yaitu glukosa. Jadi glukosa dari madu ini bisa lebih cepat diserap oleh tubuh kita dan akan menjadi pembangkit energi ketika kita merasa sangat lelah. Itulah mengapa glukosa pada madu merupakan salah satu glukosa terbaik.

madu untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan

  • Mengobati radang tenggorokan -  Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan manfaatnya yang satu ini, bahkan sudah sejak dari dulu apabila kita sakit radang tenggorokan ataupun batuk, maka orang tua kita akan menyarankan untuk mengonsumsi madu yang dicampur dengan perasan lemon. Demikian ini memang benar adanya dan sudah terbukti efektif berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Manfaat madu bagi kecantikan


Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti yang telah dijelaskan di atas, adapun madu sendiri juga sangatlah bermanfaat bagi kecantikan antara lain seperti berikut ini :

  • Madu bisa menghaluskan permukaan bibir yang pecah -  Jadi kita bisa memanfaatkannya dengan cara menuangkan 1 sendok madu dan 1 sendok gula ke dalam sebuah wadah, kemudian kita aduk hingga tercampur rata. Setelah itu kita bisa mengoleskan campuran madu tersebut ke permukaan bibir dengan perlahan dan diamkan selama 15 menit. Jadi cara ini bisa anda lakukan secara rutin atau setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Madu mampu memperbaiki dan merawat rambut yang rusak - Selain berguna untuk menghaluskan bibir pecah-pecah, ternyata madu juga bisa menghaluskan dan merawat rambut yang rusak. Adapun caranya dengan membersihkan rambut terlebih dahulu dengan keramas, setelah itu rambut kita keringkan dan kita bisa mencampurkan madu dengan kondisioner dengan perbandingan 1:1 . Lalu kita oleskan ke seluruh bagian rambut dari pangkal hingga ujung dan biarkan selama 15 menit agar terserap optimal, kemudian bilas hingga bersih.
  • Madu bermanfaat untuk mengatasi jerawat - Jadi kita bisa mencampurkan 3 sendok makan madu serta 1 sendok kayu manis bubuk, lalu setelah dicampurkan merata bisa langsung kita oleskan ke bagian yang terdapat jerawat. Ada baiknya anda mengaplikasikannya pada malam hari agar bekerja optimal dan bilas pada pagi harinya. Mudah bukan !
  • Madu mampu menjaga kelembutan dan kelembaban kulit - Untuk mendapatkan kulit yang lembut dan tetap lembab seharian, maka kita bisa memanfaatkan madu yang kita campurkan dengan perasan jeruk dan gula ke dalam satu wadah. Lalu kita bisa mengoleskan ke seluruh bagian kulit kita, terutama bagian kulit yang kering. Jadi setelah di diamkan selama 30 menit bisa langsung bilas menggunakan air hangat.
  • Madu mampu membersihkan muka - Jadi sebenarnya ada cara alami daripada kita menggunakan sabun untuk membersihkan wajah kita setelah beraktivitas seharian. Salah satunya yaitu dengan menggunakan madu, mengapa demikian? karena madu bisa mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada wajah kita sehingga wajah kita bisa lebih cerah dan kita bisa selalu tampil cantik alami.

Demikianlah sejuta manfaat madu yang perlu untuk anda ketahui, sehingga untuk kedepannya kita bisa memanfaatkan madu dengan lebih baik termasuk untuk merawat maupun menjaga kesehatan tubuh kita. 

No comments:

Post a Comment