Tuesday, March 4, 2014

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Lombok

Pulau Lombok adalah pulau kecil berbentuk huruf Q terbalik horizontal, berada di kawasan Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan kota Mataram Sebagai Ibu Kota Provinsi. Pulau yang dikenal dengan sebutan “Pulau Seribu Masjid” ini berada di titik Koordinat 8.565° S 116.351° E, dengan Luas pulau yang kecil sekitar 4,725 km² di kepulauan Sunda Kecil dipisahkan oleh Selat Lombok dari Pulau Bali yang berada di sebelat barat nya, dan Selat Alas yang berada di sebelah timur Pulau Sumbawa.

Secara Geografi, Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. Dimulai dari pulau Lombok ke wilayah timur, flora dan fauna yang ada lebih mendominan kemiripannya dengan flora dan fauna yang biasa dijumpai di daerah Australia daripada Flora dan Fauna yang ada di Asia. Seperti yang dikatakan oleh Ilmuwan “Alfred Russel Wallace”, seorang Ilmuwan berkebangsaan inggris pada abad ke-19.

Sedangkan perhitungan secara Topografi-nya, Lombok didominasi oleh gunung berapi bernama Rinjani dengan ketinggiannya + 3.726 meter di atas permukaan laut dan membuatnya masuk dalam nominasi Gunung tertinggi Ketiga di Indonesia. Bulan ini,kawasan Gunung Rinjani dan danau Segara Anak yang terletak ditengahnya diresmikan sebagai Taman Geopark Nasional.

Jika kita menelusuri ke bagian selatan pulau Lombok, sebagian besar wilayahnya adalah tanah nan subur yang menjadi sumber utama mata pencaharian penduduk Pulau Lombok yang 90% adalah Petani. Komoditas tanaman yang menjadi andalan utama para Petani di daerah ini adalah tembakau , Jagung, Padi, Kopi, dan Kapas.
Tingkat populasi penduduk Lombok berkisar antara 2,536,000 jiwa (Real Data tahun 2004) dengan kepadatan penduduk 537 jiwa/km². Pulau kecil Lombok bersuku Sasak dengan beberapa fariant suku pendatang seperti suku Bali, Jawa, dan lainnya. Suku Sasak adalah penduduk asli yang yang di juluki “Sasak Lebung”, membangun sebuah komunitas yang menduduki pulau Lombok dengan jumlah kurang lebih 2.6 juta orang (85% total dari masyarakat yang ada).

10 DESTINASI WISATA TERPOPULER DI LOMBOK


Berbicara masalah Destinasi Wisata di Lombok, saya kehilangan episode awal dari mana harus memulainya. Karena, di Pulau Lombok kami yang tercinta ini beraneka ragam warna kehidupan dan nuansa alami pulau nan exotic nya yang tiada tanding, akan membuat semua orang menjadi Takjub dan terpana. 10 Tempat yang saya maksud itu antara lain :

1. TRIO GILI (GILI TRAWANGAN, AIR, dan MENO)




Nama Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ibarat magis dan selalu membuat wisatawan terpesona oleh keindahannya dan betah berlama-lama menghabiskan liburan.
Pemprov NTB tak mau menyia-nyiakan potensi tiga gili ini untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin. Jalan menuju Bangsal, pelabuhan penyeberangan menuju tiga gili terus menerus diperbaiki. Jarak tempuh semakin dipercepat dengan membuat jalan pintas dari Mataram-Senggigi dan Bangsal.

Ini merupakan jalan tercepat menuju Gili Air, Meno dan Trawangan dari Mataram, ibukota Provinsi NTB. Selain cepat, menyusuri pantai barat Pulau Lombok, wisatawan akan dibuai oleh indahnya pantai berpasir putih dan hijaunya pohon kelapa. Tak perlu terburu-buru menuju Bangsal. Pasalnya, keindahan pantai barat Lombok jangan sampai terlewatkan. Pantai di Lombok bisa dikatakan masih bersih atau belum tercemar. [Sumber]

2. GUNUNG RINJANI




Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) merupakan salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savanna yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. TNGR meliputi daerah sekitar kawasan Gunung Rinjani, dengan luas taman ±40.000 hektar yang dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas ±76.000 hektar. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia, terletak ±3.726 meter dari permukaan laut.

Gunung Rinjani memiliki kawah yang cukup luas, didalamnya terdapat sebuah danau kawah yang disebut danau Segara Anak. Danau ini dipercaya memiliki kekuatan magis, menurut cerita yang beredar di masyarakat, apabilaDanau Segara Anak terlihat luas, menandakan bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang. Begitu juga sebaliknya, jika tampak sempit, maka menandakan orang yang melihatnya berusia pendek. Dan untuk itu, sebaiknya melakukan bersih diri dan berjiwa tenang sebelum memandang kembali Danau Segara Anak. [Selengkapnya..]

3. PANTAI KUTA LOMBOK




Mendengar nama Pantai Kuta (baca: Kute), semua orang pasti langsung mengasosiasikannya dengan pulau dewata Bali. Tidak banyak orang yang tahu bahwa di pantai selatan Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai indah yang juga bernama Kuta. Keunikan dari pantai ini yaitu dari area pantai yang dilingkungi oleh perbukitan, pasirnya yang berwarna sangat putih dan sangat sepi pengunjung, terlebih di hari kerja. Pantai Kuta terletak di sebuah sebuah desa bernama Desa Kuta yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Dengan pantainya yang indah membuatnya menjadi kawasan wisata yang menarik di Indonesia sejak bermunculannya banyak hotel-hotel baru.Jika menginap di Senggigi atau Mataram, perjalanan ke Pantai Kuta dari Senggigi memerlukan waktu sekitar 1-1,5 jam, melalui kota Mataram. Menjelang tengah hari, kami sampai di Pantai Kuta, dan keindahan pantai ini tidak mengecewakan. Perjalanan yang cukup jauh terbayar ketika melihat keindahan alam yang masih asli. Air laut jernih tidak menghalangi pandangan mengagumi batu-batu karang dan penghuni-penghuni kecil yag sesekali tampak berenang dan merayap di situ.. [sumber]

4. PANTAI SELONG BELANAK



Pulau Lombok ternyata tidak hanya memiliki wisata Pantai Senggigi dan Gili Trawangan saja, masih begitu banyak pantai yang menawarkan keindahan serupa atau bahkan melebihi kedua destinasi wisata tersebut. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Pantai berpasir putih dengan nuansa cantik dan alami ini merupakan salah satu favorit kami karena memiliki keunikan yang berbeda, bila terkena air laut, pasir sepanjang pesisirnya akan menjadi keras dan mudah dilalui sepeda motor.

Pantai Selong Belanak mempunya pasir yang “sedikit berbeda” dengan deretan pantai pantai yang berlokasi di bagian selatan pulau Lombok. Umumnya pantai-pantai yang masuk dalam daftar “Pantai wilayah Selatan” ini mempunyai pasir dengan ciri khas pasir putih besar menyerupai biji merica. Namun lain halnya dengan Pantai Selong Belanak, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat halus dan apabila menyatu dengan air laut, pasir putihnya akan berubah mengeras. Karena itu pula, tidak heran juga rasanya ketika kita melihat beberapa kendaraan (khususnya motor) berlalu-lalang melalui bibir pantai. [sumber]

5. PANTAI SENGGIGI




Pantai Senggigi adalah salah satu kawasan wisata paling terkenal di Lombok, NTB. Ombak di pantai ini tidak begitu besar, garis pantainya yang panjang semakin cantik dengan gradasi pasirnya dari hitam ke putih. Menakjubkan!

Pantai Senggigi di kawasan Senggigi, Lombok Barat banyak dikunjungi turis mancaneraga. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu dengan berenang dan berjemur. Yang membuat pantai ini begitu spesial garis pantainya yang panjang. Sepanjang mata memandang, turis akan disuguhkan dengan kecantikan garis Pantai Senggigi yang bersih.

Coba perhatikan baik-baik, ada keunikan yang ditunjukkan. Pasir Pantai Senggigi tidak semuanya berwarna putih, sebagian pantai berwarna hitam. Keren!
Air laut Senggigi begitu jernih dan bersih. Tidak ada sampah sedikit pun di sana. Bahkan, turis bisa melihat ikan yang sedang berenang bebas bersama kawanannya dari atas permukaan lautnya. [sumber]

6. TANJUNG BLOAM




Berkunjung ke Pulau Lombok berarti wajib berkunjung ke pantai-pantai nan indah. Sangat banyak pantai di Lombok dan semuanya indah serta memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu pantai yang jarang terdengar namun menyimpan keindahan dan panorama yang luar biasa adalahTanjung Bloam. Pantai yang terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Barat yang masih satu jalur dengan pantai Kaliantan.

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang luas serta air yang jernih merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.Tanjung Bloam adalah objek wisata yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. Selain jalannya yang rumit, akses jalan juga belum diaspal dan sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan hamparan tanah gersang dan tandus. Namun sesampai di sana, rasa capek anda akan langsung terobati oleh panorama yang indah.

7. GILI NANGGU dan PANTAI SEKOTONG




Pulau Lombok memang sungguh kaya dengan potensi wisatanya. Diantara sekian puluh bahkan ratusan tempat dan tujuan wisata favorit, ada sebuah pelosok di Selatan Barat Pulau Lombok yang cukup menakjubkan yaitu Pantai Sekotong. Keindahan pantai dengan pasir putih yang berkilau, air laut yang membiru, dan beberapa panorama alam nan mempesona bisa dinikmati di obyek wisata ini.

Pantai Sekotong berada di wilayah kekuasaan Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Obyek wisata ini cukup mudah dijangkau oleh para pengunjung dari penjuru manapun. Dari Kota Mataram (ibukota Provinsi NTB) misalnya, anda hanya menempuh waktu 1 Jam dengan jarak tempuh kurang lebih 60 Km melewati Pelabuhan Lembar. Atau dengan berputar melalui Timur Selatan Lombok Tengah menuju Selatan Barat yang berjarak kurang lebih 75 – 85 Km dari Pariwisata Selong Belanak di Lombok Tengah sana. [sumber]

8. TANJUNG AAN




Tidak ada yang menyangkal bahwa Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang mempunyai begitu banyak objek wisata yang sangat memukau dan berkelas internasional. Hampir setiap tahunnya ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke pulau Lombok untuk mengisi liburan. Dan Pantai Tanjung Aan menjadi salah satu Tempat Wisata di Lombokyang menjadi primadona bagi para pengunjungnya.

Lokasi Wisata Pantai Tanjung Aan berdekatan (berada di sebelah timur) dengan Pantai Kuta Lombok. Akses jalan yang sudah bagus dan beraspal mulus akan semakin memudahkan anda menuju pantai ini. Dari Kota Mataram (ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat), menuju Pantai Tanjung Aan hanya membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan.
Sekalipun tidak sepopuler Wisata Pantai Senggigi atau Gili Trawangan, namun keindahan pantai ini tidak terlalu berbeda jauh.Pantai Tanjung Aan juga memiliki jenis pasir pantai putih seperti butiran merica yang berserakan. Juga air lautnya yang membiru jernih dan bersih serasa mengundang anda untuk segera menceburkan diri menikmati sejuknya air laut. [sumber]

9. RUMAH ADAT DUSUN SADE




Dusun Sade
, salah satu dusun tradisional yang masih asli. Dusun Sade tepatnya berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
Rumah-rumah penduduk dibangun dari konstruksi bambu dengan atap dari daun alang-alang. Penghuninya berpencaharian sebagai petani. Jumlah mereka relatif tidak bertambah karena keluarga yang baru menikah kalau tidak mewarisi rumah orang tuanya akan membangun rumah di tempat lain. Disamping arsitektur rumah, sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka masih sangat kental dengan tradisi masyarakat Sasak tempo dulu.

Dusun Sade dapat mewakili untuk disebut sebagai Desa Wisata di NTB , layaknya Desa Wisata di daerah lain. Sebab, masyarakat yang tinggal di dusun tersebut semuanya adalah Suku Sasak. Mereka hingga kini masih memegang teguh adat tradisi. Bahkan, rumah adat khas Sasak juga masih terlihat berdiri kokoh dan terawat di kawasan ini. [Sumber : Disini]

10. DESERT POINT BANGKO-BANGKO




Bagi para pecinta Surfing / selancar, salah satu spot point yang paling terkenal di Indonesia adalah Desert Point alias Bangko-bangko yang terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, tepatnya di barat daya Pesisir Lombok. Jika anda berwisata ke Bali, ada baiknya mencoba berkunjung ke tempat wisata ternama ini. Dengan menggunakan kapal laut Ferry menuju pelabuhan Lembar, lalu dari Lembar anda tinggal menyewa jasa travel atau mobil sewaan yang bisa di jumpai di sekitaran Lembar. Lama perjalanan menuju Desert Point kurang lebih 2 Jam dari Lembar.

Selain itu anda bisa langsung menyewa kapal langsung dari Bali, jika dari Kuta Bali anda hanya menghabiskan waktu 3jam menuju Bangko-bangko.
Infrastruktur Jalan dari Labuan Poh (Sekotong Barat) hingga ke Bangko-bangko memang kurang bagus, jalanan yang sedikit berbatu dan berkelok kelok serta menanjak rasanya akan menghabiskan banyak waktu dan modal. Namun jangan salah, saat musim surfing datang, banyak peselancar kelas dunia yang rela menginap berlama lama di pondok pondok sederhana di pinggir pantai demi menjumpai ombak ganas yang dikatakan berkelas Totally Epic tersebut.

Saat ini Desert Point dinobatkan menjadi salah satu tujuan wisata selancar terfavorit di dunia dan menempati urutan ke 6 dalam susunan “10 Pantai tujuan Surfing dengan Ombak terganas” versi International surfing Association. Maka tidak mengherankan jika belakangan kemudian muncul kompetisi kompetisi adu nyali di tempat ini.

No comments:

Post a Comment