Tuesday, March 18, 2014

Wisata Pulau Seribu Terfavorit Bagi Wisatawan

6 Pulau Favorit Wisatawan di Kepulauan Seribu

Dewi Kania - detikTravel

Kepulauan Seribu - Keelokan pelesir bahari Pulau Seribu mampu menyedotwisatawan untuk berbondong-bondong berlibur kesana. Traveler pasti punya pulau favorit yang dianggap keren. Berikut ini adalah pulau-pulau yang jadi favorit mereka, apa saja?

Ada puluhan pantai kecil yang menambah birunya laut Kepulauan Seribu. Berlibur ke sana, tak cukup mengunjungi 1 pulau saja.

detikTravel mengadakan survei melalui twitter, sejak hari Senin (13/5) sampai Rabu (15/5). Inilah jajaran 6 pulau favorit traveler saat mengunjungi Kepulauan Seribu:

1. Pulau Tidung (18 Persen)


Pulau Tidung: Pemandangan saat pertama kali menginjak Pulau Tidung (Putri Vera/d'Traveler)

Ya! Pulau Tidung menduduki peringkat pertama yang menjadi favorit traveler. Kini, pulau dengan ikon jembatan cinta ini semakin naik pamor di mata para traveler.

Ada 2 pulau yang terdapat di kawasan Tidung, yakni Tidung besar dan Tidung kecil. Kedua pulau tersebut dihubungkan oleh jembatan kayu yang memiliki panjang 800 m. Banyak traveler yang berlalu lalang di atas jembatan itu.

Tidung besar selalu dipenuhi traveler untuk mengahabiskan waktu liburan. Sedangkan Tidung Kecil merupakan tempat budidaya mangrove oleh penduduk setempat.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu di Pulau Tidung. Tak berbeda jauh dengan pantai lain, di sana Anda bisa snorkeling di pelesir pantai. Jika ingin lebih dalam menyelami birunya laut Pulau Tidung, Anda harus mencoba diving. Traveler akan menemui karang-karang cantik. Selain bermain air, traveler dapat bersantai mengelilingi pulau dengan sepeda.

Kalau traveler berani menguji adrenalin, ada cara tersendiri jika datang ke pulau ini. Anda tak boleh melewatkan serunya loncat dari jembatan cinta setinggi 5-6 m ke perairan pantai. Sudah banyak traveler yang membuktikan loncat dari jembatan itu tanpa pengaman apapun.

2. Pulau Semak Daun (15 Persen)

 
Pulau semak daun: Pulau Semak Daun (Cumi Toro/ d'Traveler)

Menyusul posisi kedua, destinasi Pulau Semak Daun menjadi favorit responden sebanyak 15 persen. Pulau ini mulai didengar traveler karena memiliki banyak rahasia. Apa saja itu?

Jika Anda berlibur ke sana jangan khawatir. Hanya tersedia hamparan pasir dan pepohonan yang luas serta birunya laut yang menempel. Pulau ini benar-benar tak berpenghuni manusia. Tidak ada rumah-rumah penduduk satupun yang meramaikan keberadaan pulau ini.

Traveler yang datang ke sana wajib membawa tenda dari rumah dan mendirikannya untuk tempat singgah. Di pulau ini, Anda harus kemping untuk bermalam.

Di sana kita bisa bermain di tengah hamparan pasir yang sangat bersih tanpa sampah sedikit pun. Tapi, saat Anda ke sana jangan mengotori dan merusak kelestarian alam yang Tuhan berikan. Traveler juga harus beramai-ramai datang ke pulau ini bersama teman atau keluarga agar tidak kesepian selama di sana.

3. Pulau Bira (14 Persen)



Pulau Bira : Birunya air laut di Bira (Ermila Klislinar/d'Traveler)

Sebanyak 14 persen responden memilih Pulau Bira. Tak ada perbedaan jauh dengan pulau yang lain. Pulau Bira juga memiliki pasir putih yang lembut jika kita menjejakkan kaki di atasnya. Pulau ini terletak di dalam kawasan Pulau Harapan.

Tak ada salahnya, menikmati pulau ini sambil bersenandung di tepian pantai yang biru. selain itu, di sana tersedia wahana watersport yang siap menantang jantung Anda berdegup kencang.

Anda bisa berenang di tengah perairan dangkal Laut Bira bersama ekosistem laut yang berwarna-warni. Pulau ini merupakan deretan beberapa pantai yang diserbu para traveler.

Jika ingin bereksplorasi di pulau ini, Anda cukup menyiapkan waktu yang pas. Tinggal berangkat dari Pelabuhan Muara Angke memakan waktu sekitar 3-4 jam menuju Pulau Kelapa. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan boat kecil menuju pulau cantik ini.

4. Pulau Pari (14 Persen)

Di posisi empat ada Pulau Pari yang sama-sama dipilih 14 persen responden. Coba datanglah ke Pulau Pari yang masih perawan ini. Di sana terdapat hutan bakau yang dapat kita jelajahi. Pulau ini mulai disukai banyak traveler yang menggilai destinasi pantai.

Pulau Pari dijadikan sebagai kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Banyak cara yang sama ketika menginjakkan kaki di pantai. Anda harus menikmati momen berlibur ke Pulau Pari seperti bersepeda mengelilingi pantai, duduk di tepian pantai mendengar deburan ombak sampai menunggu seksinya matahari terbenam.

5. Pulau Harapan (6 Persen)

Anda juga harus menikmati pelesir utara Jawa satu ini. Pulau Harapan masuk salah satu daftar destinasi wisata favorit responden. Pulau Harapan di kelilingi pantai-pantai kecil yang ikut menghiasi.

Luas pulau ini besarnya hampir mendekati pulau besar yang ada di Kepulauan seribu. Keelokan birunya laut pulau ini cukup tersohor di kalangan wisatawan. Berlibur ke pulau ini, tak perlu menyiapkan isi kantong yang tebal. Pulau ini sangat cocok untuk melepas kebosanan rutinitas sehari-hari.

6. Pulau Bidadari (6 Persen)



Pulau Bidadari: Pulau Bidadari dari dermaga (Silvia Faradila/ACI)

6 besar terakhir diduduki oleh keindahan panorama Pulau Bidadari yang juga dipilih 6 persen responden. Pulau ini cocok bagi wisatawan yang datang bersama pasangan. Ada paket dengan harga beragam yang disediakan agen travel untuk Anda yang ingin mengabadikan foto Pre wedding. Ada persyaratan khusus jika Anda ingin meraih momen tersebut.

Pulau ini sangat cantik sesuai namanya. Pulau Bidadari ini lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Ancol Marina. Sayangnya, Anda harus siap dengan isi kantong yag tebal jika ingin menikmati cantiknya Pulau Bidadari.

Selain 6 pulau ini masih banyak pulau-palau lain yang tak kalah cantik dan pernah dikunjungi traveler yang menjadi responden detiktravel. Namun, penggemarnya tidak sebanyak 6 pulau yang menjadi favorit responden ini.

No comments:

Post a Comment