Monday, March 17, 2014

6 Faktor Penyebab Kanker Kulit

Faktor penyebab kanker kulit pada dasarnya bisa datang dari banyak hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya, misalkan saja kita dalam sehari-hari sering melakukan berbagai macam aktivitas tanpa memperhatikan dampak kesehatan terhadap kulit kita. Jadi memang sudah seharusnya kita menjaga kesehatan kulit, terutama bagi kaum wanita yang ingin memiliki kulit putih bersih dan sehat. Sebab apabila kita mengabaikannya maka itu bisa berisiko munculnya berbagai masalah pada kulit baik itu permasalahan yang ringan hingga yang berat sekalipun seperti kanker kulit.

faktor penyebab kanker kulit


Lantas apa saja faktor penyebab kanker kulit ?


Berbicara mengenai faktor penyebab daripada pemicu kanker kulit sebenarnya ada banyak, mulai dari faktor genetik dan juga akibat dari kebiasaan sehari-hari. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab kanker kulit tersebut bisa anda simak ulasannya berikut :

·         Terlalu lama dan sering berada di luar rumah

Jika anda mempunyai jenis kulit yang sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari, maka apabila anda terlalu sering terkena sinar matahari langsung tentu kulit anda akan cenderung mudah terbakar dan melepuh. Terlebih lagi jika pekerjaan anda mengharuskan anda berada di luar ruangan dan harus melakukan banyak aktivitas di bawah sinar matahari. Oleh sebab itu untuk melakukan tindakan pencegahan ada baiknya anda menggunakan sun-block khususnya ketika berada di luar rumah, jadi demikian itu bisa menghindari risiko terkena kanker kulit.

·        Riwayat keluarga

Jadi di sini riwayat keluarga juga bisa berpengaruh terhadap kemungkinan terkena penyakit kanker kulit. Misalnya apabila orang tua anda ataupun saudara anda memiliki riwayat penyakit kanker kulit, maka anda pun juga bisa berisiko untuk terkena penyakit itu juga. Sedangkan untuk kerabat yang agak jauh seperti kakek ataupun nenek yang memiliki riwayat penyakit tersebut, anda pun juga bisa berisiko namun dengan presentasi yang lebih rendah.

·        Bahan-bahan kimia

Mungkin dalam sehari-hari kita tidak pernah lepas dari namanya make-up. Nah, jadi untuk kosmetik yang mengandung zat kimia cukup tinggi inilah yang patut kita waspadai, sebab ini tentunya bisa membuat kita berisiko terkena kanker kulit. Oleh sebab itu perhatikan zat kimia yang terkandung dan pastikan dalam ukuran yang masih normal.

·         Virus dan Bakteri

Jadi untuk mendindari virus dan bakteri pemicu kanker kulit, maka kita harus selalu menjaga kebersihan terumta ketika selesai melakukan aktivitas sehari-hari.

·        Penggunaan tanning bed

Mungkina anda belum mengetahui apa sih itu tanning bed ? Jadi tanning bed itu merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membantu membuat kulit kita menjadi agak kecokelatan, dan ini biasanya banyak digunakan oleh orang luar yang memiliki kulit putih. Namun disamping itu ternyata apabila kita sering menggunakannya maka justru bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan melanoma yang mematikan. Bahkan risikonya sekitar 74% lebih besar ketimbang mereka yang tidak menggunakannya.

·         Kekurangan Melamin

Sebenarnya melamin itu adalah pigmen yang terdapat pada semua makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Adapun pigmen ini memiliki peran penting untuk memberikan warna kulit, rambut, mata serta mempunyai manfaat sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV. Nah, apabila kita kekurangan melamin maka tentu saja kita bisa lebih berisiko untuk terkena penyakit kanker kulit. Itulah sebabnya peran melamin dikatakan sangat penting.

Jadi itulah beberapa faktor penyebab kanker kulit yang perlu kita ketahui, sehingga untuk kedepannya kita bisa lebih waspada dan sadar untuk selalu menjaga kesehatan kulit kita. Perlu anda ketahui bahwa kanker kulit ini salah satu penyakit yang mematikan karena apabila terkena tentunya efeknya bisa sangatlah fatal. Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment