Sunday, March 16, 2014

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Solo Jawa Tengah

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Solo Jawa Tengah - Jalan-jalan di Solo memang sangat menyenangkan apalagi sambil menikmati wisata kuliner yang ada di Solo. Kota yang memiliki ciri khas adat budayanya ini memiliki beberapa kawasan wisata kuliner untuk dinikmati, selain itu jika berkunjung ke kota Solo tentu juga ingin mengunjungi tempat wisata di Solo sambil menikmati kuliner yang banyak tersaji di kota tersebut.

Solo yang tidak lain disebut Surakarta ini merupakan salah satu kota batik yang ada di Indonesia selain Pekalongan, jadi jika sedang berwisata di kota Solo selain menikmati objek wisata dan kulinernya jangan lupa membawa oleh-oleh batik dari kota tersebut.
Kuliner di Solo di Jawa Tengah tentu beragam dan meskipun sebagian juga terdapat di kota-kota lain tentu ciri khas dan rasa bisa dibedakan. Bagi pecinta kuliner pasti sangat suka merasakan berbagai macam makanan khas di berbagai daerah, dan dibawah ini ada daftar tempat wisata kuliner di Solo yang cocok bagi lidah pecinta kuliner.

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Solo Jawa Tengah
Timlo Solo
Timlo merupakan kuliner khas dari Solo yang terkenal, makanan berkuah ini sebenarnya tidak jauh beda dengan soto namun yang membedakannya yaitu dari komposisinya. Makanan Timlo terdiri dari campuran nasi, suwiran daging ayam, sohun, irisan ati ampela ayam, telur kecap, dan sosis solo. Jika ingin menikmati kuliner khas Solo bisa mendatangi area Pasar Gedhe, Solo.

Soto Triwindu
Hampir mirip dengan Timlo Solo, soto triwindu sudah banyak dikenal bagi pecinta kuliner hingga disebut-sebut kuliner legendaris, masakan ini berupa soto namun bukan soto ayam pada umumnya melainkan soto sapi. Memang soto sapi juga ada di sejumlah kota-kota lain namun tidak ada salahnya mencoba masakan soto sapi dari kota Solo. Soto triwindu banyak tersedia di sekitaran Jl. Teuku Umar, Solo.

Tengkleng Kambing
Selain Soto Triwindu,  Tengkleng juga merupakan kuliner legendaris dari Solo yang juga merupakan makanan khas Solo. Tengkleng juga termasuk makanan sup yang berbahan utama daging kambing, jeroan, serta tulang kambing. Bagi pecinta kuliner pasti sudah sering merasakan kuliner yang satu ini, namun boleh dicoba tengkleng asli Solo yang sudah terkenal yang berada di Pasar Klewer.

Roemahkoe Resto
Bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan berbagai makanan khas keraton yang terbuat dengan resep-resep kerajaan bisa berkunjung di salah satu resto di Solo yang berlokasi di Jl. Dr. Radjiman No 501, Laweyan, Solo.

Angkringan atau Wedangan
Tidak hanya di Jogja saja, di Solo juga ada tempat makan yang bernama Angkringan atau Wedangan. Untuk pecinta kuliner yang ingin menikmati makanan sambil nongkrong bersama-sama bisa mengunjungi tempat yang bernama Angkringan. Di Angkringan biasanya tersedia berbagai macam makanan dan minuman seperti sego kucing, sate telur, sate usus, tempe & tahu bacem, dll, untuk minumannya juga bermacam-macam seperti wedang jahe, kopi, es teh, dan lainnya. Angkringan kebanyakan berada di pinggir-pinggir jalan atau trotoar yang berupa gerobak tenda dan biasanya mulai buka pada waktu sore menjelang malam, jadi tidak sulit untuk menemukan Angkringan atau Wedangan di Solo.

Mungkin itu saja yang bisa dibahas di postingan ini mengenai Wisata Kuliner di Solo, Jika sedang berwisata di kota Solo alangkah lengkapnya sambil menikmati kuliner khas seperti diatas yang tersaji di kota Solo.

No comments:

Post a Comment